10 TV Series Terbaik Tahun 2017

TV series terbaik 2017

Sepanjang tahun ini banyak TV series terbaik yang telah ditayangkan. Bermacam cerita dan genre yang disuguhkan memberi warna tersendiri pada tahun ini. Mulai dari genre fantasi yang epik hingga sci fi yang membuat penasaran. Banyaknya pilihan terkadang membuat kita bingung mau menonton serial yang mana. Bahkan rasanya tidak mungkin untuk mengikuti semua serial yang tayang dalam tahun ini. Paling tidak, dari sekian banyak yang ditonton, ada beberapa TV series yang menjadi favorit. Berikut rangkuman 10 TV series terbaik tahun 2017 yang terpantau oleh Mariviu.

10. Fortitude

Via Pogdesign.co.uk

Di season keduanya, Fortitude masih berseting di kota fiksi yang selalu ditutupi salju, yaitu Fortitude. Season kedua ini memperluas mitologi yang ada di kota tersebut. Mulai dari rumor tentang kanibalisme, pembunuhan dengan mutilasi, hingga eksperimen terhadap orang yang selamat dari wabah mammoth yang terjadi di season sebelumnya.

Selain itu, Fortitude season dua juga memperkaya cerita dengan memberikan bumbu permainan politik yang cukup menarik. Serial ini juga berhasil mempertahankan sentuhannya dalam menampilkan misteri dan drama yang terjadi di kota bersalju yang keras. Fortitude season kedua sangat menarik, menakutkan dan sulit ditebak.

9. Preacher

Serial TV terbaik tahun 2017

Jesse, Tulip dan Cassidy (Preacer) Via AMC

Preacher di season keduanya tampil lebih berani, liar dan gila dari season sebelumnya. Kali ini TV series yang diangkat dari buku komik tersebut memiliki seting baru, yaitu New Orleans di mana Jesse mencari keberadaan Tuhan dan Neraka tempat Arseface dan teman barunya, Hitler, berada. Ya, season keduanya memang terdengar sangat gila dan tidak masuk akal, namun di situ lah daya tarik Preacher.

Selain itu, season kedua ini juga menggali lebih dalam latar belakang para protagonis, Jesse, Tulip dan Cassidy, di tengah misi mereka dalam mencari tuhan. Dengan ciri khasnya, setiap episode Preacher berhasil menampilkan humor, aksi dan gore di saat yang bersamaan dengan pas dan menarik.

8. Stranger Things

Noah Schnapp, Winona Ryder dan David Harbour di Stranger Things

Via IMDB

Stranger Things tidak dipungkiri lagi menjadi salah satu acara andalan Netflix pada tahun lalu. Ketika season pertamanya menjadi hits, tentu serial ini paling tidak harus bisa mempertahankan daya tariknya sebagai salah satu TV series yang paling ditunggu. Dan memang Duffer bersaudara yang menyutradarai episode-episode awal dan akhir season kedua Stranger Things berhasil mempertahankan capaian season pertamanya.

Yang paling menarik dari season kedua ini adalah bagaimana kita melihat para Stranger Things kids beranjak puber. Lalu ada perkembangan hubungan atara karakter, seperti hubungan ayah dan anak antara Hopper dan Eleven dan hubungan adik kakak antara Steve dan Dustin.

Selain itu, season ini juga memperdalam mitologi tentang Upside Down. Walau tidak sebagus season pertamanya, Stranger Things 2 masih berhasil membuat cerita di kota Hawkins layak untuk ditunggu kelanjutannya.

7. Games of Thrones

Season ketujuh Game of Thrones bisa mempertahankan kelebihannya dari serial TV lainnya, yaitu memperlihatkan hal-hal yang jarang ditampilkan dalam acara TV seperti adegan-adegan epik sekelas film. Walaupun dengan dana yang tidak sebesar pembuatan film fantasi, Game of Thrones di season ini tetap bisa membuat penonton terpana dengan adegan-adegan kolosal yang ditampilkan.

Dengan selalu memegang teguh moto “all men must die”, di mana kita tidak bisa menebak apa yang akan terjadi, season ini menjadi musim pembalasan atas kekesalan dan kebencian fans yang telah bertumpuk semenjak season pertama, karena banyak karakter yang mendapatkan “keadilan” di season ini.

Jika kamu mulai tertarik untuk mengikuti serial ini, kamu masih punya banyak waktu untuk menonton semua episode yang telah tayang karena season terbaru diperkirakan akan tayang pada tahun 2019.

6. American Gods

Serial TV American Gods adalah adaptasi novel karya Neil Gaiman dengan judul yang sama. Serial ini berusaha untuk membuat cerita yang sesuai dengan bukunya sementara juga mengupdate beberapa elemen agar lebih berterima pada tahun 2017.

Mengangkat cerita tentang bagaimana dewa-dewi kuno dan modern hidup diantara penduduk Amerika, serial ini terasa berani, ajaib, menyentuh, brutal dan sangat menarik terutama dari segi visual. American Gods juga mencoba melewati batasan-batasan norma, seperti moral dan agama, sepanjang season pertamanya ini.

Bagi yang suka mitologi dewa-dewi dari seluruh dunia mungkin akan menyukai serial ini. Walaupun episode pilotnya mendapatkan respon beragam, American Gods berhasil mendapatkan review yang cukup memuaskan di akhir season pertama.

5. Fargo

Via IMDB

Season ketiga serial TV yang terinspirasi dari film Fargo karya Coen bersaudara ini dimulai dari perseteruan antara dua orang saudara dalam memperebutkan sebuah perangko. Dari segi cerita, season ketiga tidak sekonsisten dan sepadat season-season sebelumnya. Walau di awal-awal cerita memang kurang begitu menarik, namun seiring berjalannya waktu, mulai terjadi hal-hal aneh dan gila yang membuat season ini menjadi sangat menarik.

Season ini masih memberikan kejutan dengan menampilkan banyak adegan yang terkesan brutal dan lucu (?) pada saat bersamaan sehingga berhasil mempertahankan keunikan dari Fargo. Selain itu, tentu saja kekuatan dari season ini adalah penampilan yang luar biasa dari para pemerannya seperti Ewan McGregor, Mary Elizabeth Winstead, Carrie Coon, David Thewlis hingga Michael Stuhlbarg.

4. Legion

10 serial tv terbaik di tahun 2017

Via IMDB

Dibuat oleh Noah Hawley yang merupakan pencipta TV series Fargo, dapat dipastikan kalau Legion akan menampilkan hal-hal aneh, gila, menakutkan dan jenaka sepanjang seasonnya. Legion menampilkan hal-hal yang inovatif, berani dan juga membingungkan. Sebut saja joget ala Bollywood di dalam rumah sakit jiwa yang suram atau monster gemuk dengan pakaian compang-camping yang selalu muncul tiba-tiba. Kadang serial ini terasa seperti cerita superhero, namun kadang terasa juga seperti cerita horor yang menakutkan.

Setiap episode membuat penonton pusing memikirkan apa yang sebenarnya terjadi layaknya semua adegan menampilkan isi pikiran manusia. Dan memang rata-rata semua episode bercerita tentang hal-hal yang ada di dalam pikiran David, sang tokoh utama yang mengalami schizophrenia. Sebagai pemeran tokoh utama, Dan Stevens menampilkan salah satu penampilan terbaiknya sebagai David. Selain itu, Aubrey Plaza juga layak disebut sebagai bintang dalam season pertama ini karena ia dengan brilian memerankan Lenny, seorang teman imajinasi David. 

3. Dark

10 Serial TV Terbaik di Tahun 2017

Via Netflix

Seperti cerita perjalanan waktu lainnya, Dark akan membuat kamu bingung dan penasaran dari awal hingga akhir. Bumbu drama tentang kompleksitas keluarga di sebuah kota kecil memperkaya cerita TV series ini. Di sepanjang season kita dipaksa untuk menghafal nama dan wajah dari para karakter karena banyak dari mereka yang ditampilkan dalam umur dan masa yang berbeda-beda. Jadi, agar tidak bingung, pastikan kamu dapat menghapal nama dan wajah para karakter tersebut.

Tone yang dark, akting yang bagus, score dan sinematografi yang indah, serta cerita perjalanan waktu yang membingungkan dan membuat penasaran pada saat bersamaan membuat serial ini sangat bingeable. Dijamin Dark akan membuat kamu tidak mau beranjak dari kursi dan menonton serial ini dari awal hingga akhir dalam sekali tonton.

Kamu bisa baca reviewnya di sini

2. Mindhunter

10 Serial TV Terbaik di Tahun 2017

Mindhunter Via IMDB

Mindhunter bercerita tentang masa-masa awal ketika FBI mulai mempelajari pola pikir para serial killer. Walaupun beberapa kali masih menyuguhkan investigasi dari para detektif, serial ini tidak terlalu fokus pada penangkapan para serial killer, melainkan lebih banyak membahas bagaimana mempelajari dan mengidentifikasi pola pikir dan prilaku mereka, dan ini menjadi daya tarik dari Mindhunter. Selain itu, Mindhunter juga diperkaya dengan cerita bagaimana para tokoh utama memperjuangkan penelitian mereka ditengah cibiran dan politik para elit polisi di masa itu.

Walaupun lebih fokus pada penelitian pola pikir pembunuh, serial ini tidak membosankan. Setiap interview dengan serial killer memberikan kesan yang berbeda-beda, mulai dari menegangkan, menakutkan sampai aneh yang membuat sakit perut. Kekuatan serial ini juga terletak pada para tokoh serial killer yang ditampilkan. Tokoh tersebut memang diangkat dari para serial killer yang sangat berbahaya dalam sejarah Amerika, sebut saja Edmund Kemper, Dennis Rader, Jerry Brudos dan masih banyak lagi. Diproduseri oleh David Fincher (bahkan ada beberapa episode yang disutradarai oleh salah satu sutradara terbaik itu) Mindhunter adalah salah satu TV series terbaik yang sangat bingeable di tahun 2017.

1. Twin Peaks: The Return

10 Serial TV Terbaik di Tahun 2017

Via The Verge

Setelah digantung dengan cliff-hanger selama 25 tahun, fans TV series hits di tahun 90an, Twin Peaks, akhirnya dapat menyaksikan kelanjutan cerita agen spesial FBI Dale Cooper di season ketiga yang diberi judul Twin Peaks: The Return. Disutradarai langsung oleh David Lynch, kisah Dale Cooper dan para penduduk kota Twin Peaks seperti diceritakan dalam 18 film yang masing-masingnya dikonversi dalam durasi 40-60 menit.

David Lynch dan Mark Frost (creator Twin Peaks) tetap mempertahankan Twin Peaks yang seperti dunia mimpi yang ganjil, lucu, membingungkan dan berbahaya. Selain itu, Twin Peaks masih memegang prinsip “mysteri is sacred” di mana ada pertanyaan yang tidak bisa dan tidak perlu dijawab sehingga rasa penasaran tetap ada setelah menonton episode terakhir.

Selain mengandalkan nostalgia dan misteri yang membuat penasaran, season ketiga Twin Peaks juga memiliki kelebihan dari serial TV lainnya, mulai dari cameo banyak bintang terkenal (Monica Belluci, Eddie Vedder) hingga penampilan musik di setiap episode yang tak jarang berhasil memberikan aftertaste yang berbeda-beda di setiap episodenya.

Disutradarai oleh seorang David Lynch, karakter yang lovable, nostalgia yang menyerang dengan sangat kuat, dan banyaknya momen “WTF” sepanjang season berhasil membuat penonton ingin menikmati setiap momen dari serial ini untuk selamanya. Walaupun begitu, selepas season ketiga ini, David Lynch belum menyebutkan rencana untuk meneruskan Twin Peaks ke season empat, mungkin penonton harus menunggu hingga 25 tahun lagi.

Honorable mentions: Runaways, Defenders, Star Trek: Discovery

Nah, dari 10 TV series terbaik di tahun 2017 di atas, mana yang menjadi favoritmu?

Sedang belajar mengedit tulisan di Mariviu.

Leave a Reply