5 Tips untuk Meningkatkan Kebiasaan Membaca di Era Digital

smartphone dan buku

2019 masih membaca buku? Apa salahnya. Tapi memang, ada banyak yang mengalihkan kita dari membaca buku pada zaman seperti sekarang ini. Mulai dari media sosial, podcast, hingga milyaran video YouTube bisa mengalihkan hasrat untuk membaca buku. Tapi bagi kamu yang sibuk dan tak lepas dari perangkat digital, ada beberapa tips untuk meningkatkan kebiasaan membaca di era digital.

1. Ikuti akun buku di media sosial

smartphone dengan Instagram meningkatkan kebiasaan membaca

Terkadang keinginan membaca bisa terpacu ketika kita melihat orang lain membaca atau ada informasi terbaru mengenai buku yang menarik untuk dibaca. Dengan semakin banyaknya akun-akun buku di media sosial, ada banyak informasi baru yang bisa kita dapatkan. Karena itu, coba cari beberapa akun buku yang bisa menemani selama membaca.

2. Baca yang ingin dibaca

novel dan buku berjejeran

Jika sudah lama tak membaca, kadang keinginan untuk membaca semakin berkurang. Tapi tak ada salahnya mengingat kembali buku maupun novel yang pernah ingin kamu baca. Lihat kembali buku-buku menarik rekomendasi teman, maupun buku lama yang pernah terkenal. Atau jika belum, buat daftar buku yang ingin kalian baca. mulai dari buku best seller dari penulis terkenal, atau novel baru yang sedang ramai diperbincangkan.

3. Coba audiobook

perempuan mendengarkan audio

Nah, jika kamu bukan tipe yang bisa berkonsentrasi membaca, atau menyisihkan waktu, ide yang lebih baik untuk mencoba layanan audiobook. Ada banyak situs baru yang menawarkan ribuan audiobook dengan gratis. Dengan mendengarkan audiobook, kita bisa mendapatkan informasi yang sama persis dengan membaca. Tidak perlu menyisihkan waktu, satu novel bisa selesai ketika memasak atau sambil berjalan-jalan.

4. Kunjungi café buku

cafe buku di Berlin

Salah satu masalah yang dimiliki oleh pencinta buku adalah dana yang dibutuhkan untuk membeli buku. Saat ini, ada banyak café buku yang tersebar di beberapa daerah di Jabodetabek. Mau menikmati buku sambil menikmati secangkir kopi? Bahkan jika perlu, kunjungi perpustakaan untuk meminjam buku. Tanpa mengeluarkan banyak uang, ada banyak buku yang bisa dipinjam dan dibawa pulang.

5. Gunakan gadget khusus untuk membaca

Amazon Kindle untuk meningkatkan kebiasaan membaca

Jika masih susah untuk membaca buku dalam bentuk fisik, ada gadget yang memang dikhususkan bagi mereka yang ingin membaca buku non-fisik. Ketika membaca buku elektronik di smartphone maupun tablet bisa membuat mata sakit, ada banyak perangkat baru untuk meningkatkan kebiasaan membaca buku yang bisa kamu beli. Karena dikhususkan untuk membaca, radiasi layarnya tentulah sangat kurang jika dibandingkan dengan smartphone maupun tablet pada umumnya.

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.