fbpx

Ada Tiga Versi, Berikut Penjelasan Timeline Film X-Men dan Plot Hole-nya

penjelasan timeline film X-Men

Bahkan setelah perjalanan semesta X-Men milik Fox mendekati akhir, ada banyak pertanyaan yang membingungkan tentang timeline film X-Men Universe. Waralaba yang dimulai sejak X-Men (2000) dan dibintangi oleh Hugh Jackman, Patrick Stewart, serta Ian McKellen ini memiliki perubahan sejarah akibat beberapa perjalanan waktu. Hal tersebut sedikit menyulitkan penonton menentukan urutan film dalam timeline yang berbeda.

20th Century Fox awalnya berupaya untuk membangun dunia sinematik yang lebih luas, menjadi yang pertama dibandingkan Marvel Cinematic Universe. Selain tiga film pertama, Fox juga meluncurkan prekuel hingga spin-off yang tidak terlalu terkait dengan film utama.

Dan ketika semuanya menjadi terlalu rumit, Fox menggunakan ‘perjalanan waktu’ untuk mengatur ulang timeline film X-Men, memberikan kesempatan untuk menyusun kembali kisah-kisah baru.

timeline film X-Men Cinematic Universe
via 20th Century Fox

Perjalanan waktu tersebut membuat semesta X-Men terbagi menjadi dua. Timeline orisinal yang dimulai dari X-Men: First Class (2011) berlanjut ke X-Men (2000). Sedangkan edisi baru juga dimulai dari First Class tapi langsung menuju X-Men: Days of Future Past (2014). Sedangkan Logan (2017) berlatar di masa depan.

Timeline awal

Screen Rant menjelaskan dengan runut dimana cerita awal film X-Men bermula dari First Class. Berlatar tahun 1962 dan menjadi film kelima X-Men, film ini menyusun kembali beberapa sejarah awal dari semesta X-Men. Charles Xavier dan Magneto membentuk aliasi melawan Sebastian Shaw. Xavier membentuk First Class dan Magneto menciptakan Brotherhood of Mutants pertamanya.

Pada tahun 1962, Magneto dituduh terlibat dalam pembunuhan Presiden John F. Kennedy (Days of Future Past) sedangkan Xavier membuka sekolah School for Gifted Youngsters pada 1965.

penjelasan time line film x-men Nightcrawler dalam X2
via 20th Century Fox

Pada 2003 (X2 : X-Men United), Kolonel Stryker menggunakan Nightcrawler untuk menyerang Gedung Putih. Dia juga menyerang Xavier School dan berhasil menangkap Charles Xavier dan mencoba menggunakan kekuatannya untuk membunuh semua mutan. Persekutuan X-Men dengan Magneto dan the Brotherhood berhasil mengalahkan Stryker.

Lalu ada X-Men: The Last Stand yang mengisahkan tentang Worthington Industries yang mengembangkan obat anti mutan. Ini memecah belah X-Men dan the Brotherhood di San Francisco. Jean Grey yang bangkit setelah pertempuran melawan Stryker memanfaatkan kekuatan psikisnya dan mengancam seluruh umat manusia, tetapi akhirnya dibunuh oleh Wolverine.

Jean Gray dalam timeline X-Men pertama
via 20th Century Fox

Trask Industries akhirnya mengambil alih sekolah Xavier pada 2009. Namun pada 2013, Blink melakukan teleportasi 30 mutan keluar dari penjara Trask, memulai gerakan perlawanan dari Mutan. Pada akhirnya, pemberontak mutan menulis ulang sejarah dan menghapus seluruh timeline ini pada 2023 lewat film Days of Future Past.

Timeline film X-Men yang baru

Days of Future Past menjadi cerita baru dalam semesta X-Men. Pasalnya, Fox dengan berani mereset semua yang terjadi dalam lima film sebelumnya. Hal ini mengakibatkan semua yang terjadi sebelum Days of Future Past seolah-olah tidak pernah terjadi. Langkah yang kontroversial untuk sebuah waralaba, namun berfungsi cukup baik untuk melanjutkan beberapa film lagi.

Logan dalam X-Men Days of Future Past
via 20th Century Fox

Timeline baru ini dimulai setelah kesadaran Wolverine ditransmisikan dari masa depan ke masa lalu. Logan kemudian bergabung dengan Charles Xavier dan Magneto untuk mencegah Mystique membunuh Bolivar Trask pada 1973. Meskipun akhirnya program Sentinel masih diluncurkan, namun berkat intervensi X-Men dan Mystique, program tersebut ditutup.

Setelah itu cerita berlanjut ketika kehidupan Erik Lensherr (Magneto) dengan Magda Gurzsky berakhir dengan tragedy setelah istri dan anak-anaknya dibunuh di X-Men Apocalypse (2016) pada 1983. Ia tertipu untuk bekerja dengan Apocalypse.

Erik Lansherr dalam timeline X-Men kedua
via 20th Century Fox

Lalu pasukan Weapon X memanfaatkan krisis dan menangkap pada siswa Xavier School. Wolverine yang sudah mendapatkan Adamantium membantu para siswa melarikan diri. Jean Gray akhirnya mengalahkan Apocaypse dengan melepaskan kekuatan sejatinya. Timeline film X-Men yang ini masih berlanjut dengan X-Men: Dark Phoenix yang mengambil latar tahun 1992.

Masa depan X-Men

Timeline film X-Men ketiga ada di film Logan yang terjadi di masa depan nan jauh dimana hampir semua X-Men (atau mutan) sudah mati. Cerita dalam film ini memiliki beberapa koneksi ke film inti lewat post-credit scene di X-Men: Apocalypse yang menjelaskan Essex Corps. memperoleh materi genetik yang digunakan untuk membuat X-23 alias Laura.

Laura X-23 dalam timeline x-men Logan
via 20th Century Fox

Cerita Logan dimulai dari 2014 dimana kelahiran generasi terakhir dari mutan alami. Diyakini sebagai fenomena alami, namun dalam kenyataannya salah satu penyebab kepunahan mutan adalah Alkali, sebuah kelompok yang memasukan bahan kimia penekan gen mutan ke dalam bahan makanan umum. Menyebabkan pertumbuhan gen mutan menjadi terhambat dan akhirnya menghilang.

Pada 2018, proyek X-23 sukses menciptakan Laura Kinney, kloning perempuan Wolverine. 10 tahun kemudian, Charles Xavier menderita kejang psikis, melukai lebih dari 600 orang di Westchester dan membunuh X-Men. Logan membawa Xavier untuk menjalani kehidupan yang terisolasi di Meksiko.

Beberapa anak-anak X-23 melarikan diri dari Transigen dan berupaya melakukan perjalanan ke tempat perlindungan di Kanada. Laura menemukan Logan dan Xavier dan membantu anak-anak mutan lainnya melarikan diri dari pemburu Transigen.

Logan dan Charles Xavier
via 20th Century Fox

Xavier dan Logan terbunuh untuk mencapai tujuan mereka. Sedangkan Laura dan anak-anak mutan yang tersisa dikabarkan akan mendapatkan cerita lain, namun sepertinya terhenti diakibatkan oleh akusisi Fox dan Disney.

Masalah timeline film X-Men

Dilihat sekilas, kesinambungan film X-Men seharusnya berjalan dengan baik. Tetapi jika diperhatikan lebih dalam, ada banyak detail yang memperlihatkan perbedaan di masing-masing timeline. First Class dimaksudkan untuk menjadi bagian dari kedua garis waktu.

Selain itu, perbedaan umur antara dua bersaudara Alex Summers dan Scott Summers mengherankan. Alex Summer direkrut pada First Class tahun 1962, sedangkan Scott berusia 17/18 tahun pada 1983. Perbedaan usia mereka hamper 20 tahun. Padahal dalam kisah keluarga Summers, Alex dan Scott dibesarkan bersama, walaupun pada akhirnya berpisah dan bertemu lagi bertahun-tahun kemudian.

Alex Summers dan Scott Summers dalam Apocalypse
Alex Summers dan Scott Summers dalam X-Men: Apocalypse via 20th Century Fox

Asal usul Cerebro juga dipermasalahkan. Pada X-Men asli, fakta menyebutkan bahwa Magneto dan Xavier bersama-sama membangu Cerebro. Namun First Class mengisyaratkan bahwa sebenarnya Charles dan Hank McCoy (Besat) yang membangun Cerebro bersama.

Dalam First Class yang berlangsung pada tahun 1960-an, Xavier kehilangan kemampuannya untuk berjalan di akhir film. Namun masalahnya, kita bisa melihat Professor X berjalan dalam X-Men Origins: Wolverine yang mengambil latar pada tahun 1970-an.

asal usul Cerebro dari timeline X-Men
via 20th Century Fox

Penjelasannya cukup sederhana. Fox menggunakan reboot untuk memulai kembali universe X-Men dan menghadirkan narasi baru untuk para mutan. Sayangnya, mereka sepertinya belum terlalu tertarik untuk mempertahankan rasa kontinuitas antara trilogi X-Men asli dan garis waktu reboot.

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.