Post Credit Stranger Things Season 3: Siapa “Tahanan Amerika” Itu?

Artikel ini berisi spoiler tentang post credit Stranger Things Season 3.

Joe Keery dan Gaten

Baru saja menuntaskan Season ketiga dari serial yang menjadi fenomena dunia, ada sedikit informasi menarik yang terlihat pada adegan terakhir di post credit Stranger Things Season 3. Salah satunya adalah bagian “tahanan Amerika” yang berada di dalam sebuah penjara di Rusia. Siapakah dia? Apakah dia adalah Jim Hopper yang dianggap mati ketika Joyce menutup The Gate menuju the Upside Down?

Tentu saja, bagian terakhir pada post credit Stranger Things Season 3 buat penonton berasumsi bahwa Hopper merupakan “tahanan Amerika” yang ditawan oleh Rusia di markas mereka di Kamchatka. Terakhir, Hopper terlihat di pangkalan Rusia lain di ruang bawah tanah Mall Starcourt dan dianggap telah mati.

Jim Hopper post credit Stanger Things Season 3
via Netflix

Tapi, serial TV maupun film telah lama mengajarkan kita bahwa jika tidak ada mayat yang terlihat, karakter tersebut tidak benar-benar mati. Stranger Things bahkan pernah membuat mayat Will (yang ternyata palsu) di Season 1 untuk meyakinkan penonton seolah-olah Will telah mati. Meskipun sebenarnya dia berada di Upside Down.

Benarkah ‘tahanan Amerika’ itu Jim Hopper?

Walaupun besar kemungkinan Hopper masih hidup (dengan alasan karakter Jim menjadi daya tarik tersendiri dalam serial ini), ada kemungkinan ‘tahanan Amerika’ itu bukanlah Hopper. Dilansir dari IGN, orang Amerika yang disebutkan mungkin adalah Dr. Brenner (Matthew Modine), sosok “Papa” yang kejam dan karakter berpengaruh yang ‘memberikan’ kekuatan pada Eleven.

Dr. Brenner dalam Stranger Things
via Netflix

Terakhir kali Dr. Brenner terlihat pada akhir Season 1, ketika ia diserang Demogorgon di episode final. Sama seperti Hopper, ketika tidak ada adegan yang memperlihatkan mayat dari Dr. Brenner, tidak ada jaminan bahwa ilmuwan jahat itu benar-benar mati. Bahkan, kehadiran Dr. Brenner bisa menjadi jawaban bagi Eleven yang kehilangan kekuatannya pada episode final Season 3.

Ide ini diperkuat oleh adegan pada Season 2 dimana Eleven dan Kali (Eight) mencari Ray Caroll, mantan karyawan di Hawkins National Laboratory yang bekerja pada Dr. Brenner. Dia bersikeras bahwa Brenner masih hidup meskipun diserang oleh Demogorgon.

Tapi jangan salah. Sangat mungkin orang Amerika yang disebutkan oleh penjaga bukanlah Hopper maupun Brenner, melainkan karakter baru yang mungkin memainkan peran utama pada Season 4. Bahkan bisa saja, tahanan itu adalah Murray Bauman yang berhasil diculik Rusia setelah mendapatka informasi dari Alexei, mengingat adegan final terjadi 3 bulan setelah pertempuran di Mall Starcourt.

Murray Bauman dalam post credit Stanger Things Season 3
via Netflix

Mungkin kita harus menunggu tak kurang dari 2 tahun lagi untuk mengetahui siapa ‘tahanan Amerika’ yang diprediksi menjadi karakter penting dalam Stranger Things Season 4. Mengingat skema Stranger Things membutuhkan sekitar 2 tahun untuk season baru, sampai jumpa tahun 2021, guys.

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.

Leave a Reply