Sensor Avengers: Infinity War, Apakah Benar Durasinya Dikurangi 7 Menit?

Sensor Avengers: Infinity War

Jagad dunia perfilman dengan semua hypebeast-nya beserta penggemar Marvel yang sudah menantikan kedatangan pasukan tempur Avengers: Infinity War kebakaran jenggot. Pasalnya, Lembaga Sensor Film (LSF) telah meluluskan film ketiga Avengers ini tapi dengan satu syarat, memberikan 7 menit sensor Avengers: Infinity War.

Menurut berita yang diambil dari salah satu website koran resmi di Indonesia, Lembaga Sensor Film menyatakan bahwa durasi Infinity War nantinya akan lebih pendek 7 menit dari versi aslinya, versi yang akan ditayangkan di Indonesia akan berdurasi 149 Menit, dibandingkan dengan 156 menit versi asli. Tapi, apakah pernyataan ini benar?

Pertarungan Captain America melawan Thanos

Captain America vs Thanos di Infinity War via Marvel

Sebelum teman-teman menduga bahwa LSF merupakan penggemar DC yang tidak suka dengan ke-hype-an Infinity War di Indonesia, ada baiknya cek dan ricek terlebih dahulu.

Dilansir dari Liputan6.com,  pihak LSF sendiri mengaku tidak melakukan sensor terhadap Infinity War. Durasi 149 menit yang diterima LSF adalah durasi asli sebelum sensor.

Biasanya, penyensoran pada sebuah film yang akan tayang di Indonesia berkaitan dengan penayangan tindakan kekerasan yang berlebihan atau disesuaikan dengan batasan umur penonton Mulai dari Semua Umur, 13 Tahun, 17 Tahun, dan Dewasa. Avengers: Infinity War yang mendapatkan rating 13 Tahun dipastikan akan ditayangkan tanpa sensor.

Buktinya, dalam pengecekan yang dilakukan pada situs resmi Lembaga Sensor Film, lsf.go.id, ditemukan bahwa nomor untuk film Infinity War, 443/DCP/EA/13/11.2022/2018, tidak terdapat simbol “REV” yang menunjukan adanya revisi atau pemotongan sebelum angka batas umur penonton 13.

Pertarungan di Wakanda dalam trailer Avengers: Infinity War

via Marvel

Setidaknya, sensor yang dilakukan oleh LSF membuat Infinity War akan mendapatkan batasan umur 13 tahun ke atas. Jadi, bagi kalian yang mempunyai adik-adik atau anak yang masih berumur kurang dari 13 tahun, pastikan untuk tidak mengajak mereka menonton film ini di bioskop.

BACA JUGA  The Magic Order, Serial Komik Pertama Netflix

Jadi, sebelum menyerang organisasi pemerintah karena sudah keburu kalap dengan pemberitaan-pemberitaan yang bersifat provokatif, cobalah untuk melakukan pemeriksaan atau pengecekan terlebih dahulu. Meskipun pada pemberitaan di Fandago yang menjelaskan bahwa Infinity War akan mendapatkan durasi 156 menit, untuk saat ini, mari kita berharap bahwa tidak ada sensor yang bisa mengurangi kenikmatan menonton pertarungan Avengers melawan Thanos di bioskop.

Sending
User Review
( votes)
Padli Nurdin

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.