poster She-Hulk
Review, Serial TV

Review Serial She-Hulk: Attorney at Law Episode 5 (2022): Superhero atau Manusia Biasa?

She-Hulk episode 5 melanjutkan permasalahan antaran Jennifer Walter dengan Titania, kali ini bertarung di ruang sidang memperebutkan kepemilikan nama She-Hulk. Tetap dibuat dengan format komedi situasi khas serial Amerika, kali ini terlihat lebih tenang mendalami permasalah selanjutnya dalam identitas Jen sebagai She-Hulk.

Sinopsis She-Hulk episode 5

Jen (Tatiana Maslany) melihat Titania (Jameela Jamil) memasarkan produk kecantikan dengan nama She-Hulk. Meski ia tak ambil pusing, tapi firma hukum yang menaunginya menyuruh Jen untuk mendapatkan kembali nama tersebut.

Mallory dan She-Hulk
via Disney+

Jen akhirnya meminta Mallory (Renée Elise Goldsberry) untuk membelanya di persidangan. Untuk memenangkan kasus itu, Jen diharuskan mencari bukti-bukti yang menunjukkan bahwa ia sudah menggunakan nama ‘She-Hulk’ sebelum hak milik nama tersebut dipatenkan oleh Titania.

Di sisi lain, Nikki (Ginger Gonzaga) mencari cara agar Jen bisa mendapatkan kostum yang sesuai untuknya. Jen pun menemui Luke (Griffin Matthews) yang dikenal sebagai pembuat kostum superhero, dimana ia membuat kostum khusus untuk She-Hulk.

Wanita dan produk kecantikan

Memasuki episode kelima, format serial ini mulai terbaca. Membawa kisah mengenai pengacara dan diselingi plot B yang berhubungan dengan kelanjutan cerita superhero di MCU. Komedinya masih jelas terasa, tapi tak berubah dengan drama yang masih tetap membuatnya menarik untuk diikuti.

Jameela Jamil sebagai Titania
via Disney+

Setelah perjalanan yang menyenangkan, team up dengan Wong melawan iblis dari dimensi lain, kisha kali ini terasa lebih serius dan ‘tenang’. Dimana Jen harus berhadapan dengan villain berkekuatan super lain. Tak baku hantam, tapi pertarungan di ruang sidang.

Namun pertarungan ini bukan tanpa arti. Karena di beberapa episode terakhir, Jen akhirnya dipaksa untuk menyadari perasaannya tentang kekuatan dan tampilan barunya; tinggi kekar dan atraktif, berbanding terbalik dengan versi manusia Jen yang kecil, mungil, dan kadang tak dianggap.

Episode kali ini masih menyenangkan, menyeimbangkan komedi situasi dengan cerita tentang pengacara yang serius. Tak dibuat terlalu kompleks, tapi tetap menghadirkan kisah-kisah pendukung yang tak terlalu komedik demi melanjutkan petualangan awal Jen berdamai dengan kekuatannya.

Renée Elise Goldsberry
via Disney+

Serial She-Hulk memang tak henti-hentinya menghadirkan kritikan mengenai berbagai hal yang dialami oleh wanita di kehidupan sosial. Dan kali ini fokus pada produk kecantikan yang dibuat hanya untuk tujuan marketing dengan menggunakan pengaruh influencer, bahkan tak disetujui oleh FDA, badan keamanan makanan dan obat-obatan Amerika.

Edna Mode versi MCU

She-Hulk tak pernah kehabisan karakter baru yang menarik. Setelah sebelumnya Madysinn menggebrak dan langsung menjadi fan favourite, episode ini menjadi debut perdana dari Luke, desainer yang telah merancang berbagai kostum superhero.

Luke memiliki gaya yang khas, mengingatkan kita pada Edna Mode, karakter fenomenal yang tenar di film The Incredibles (2014). Ia bersembunyi di sebuah café boba, lengkap dengan ruangan yang berisi berbagai kostum serta pegawai.

Nikki dan Pug di She-Hulk episode 5
via Disney+

Luke Jacobson dibuat berdasarkan pada karakter Marvel Comics dengan nama yang sama. Berada di semesta 616, ia muncul pertama kali pada komik Dakota North, meski serial ini hanya bertahan lima edisi di tahun 1986.

Dan di bagian akhir, Marvel akhirnya menampilkan petunjuk yang sudah ditunggu-tunggu oleh penggemar, yaitu versi baru dari kostum Daredevil yang dipakai oleh Matt Murdock. Kustom ini pertama kali muncul pada trailer She-Hulk, memperlihatkan kembalinya Charlie Cox sebagai Man Without Fear.

Kemunculannya pertama kali memang di Spider-Man: No Way Home (2021). Tapi penonton bisa melihat Cox berada di dalam kostum pada serial ini. Kemungkinan besar muncul pada episode ke-6 yang dirilis minggu depan.

Tatiana Maslany di serial She-Hulk episode 5
via Disney+

Kemungkinan besar Luke tidak hanya menjadi desainer untuk She-Hulk atau Daredevil. Tapi dengan Fantastic Four dikabarkan akan muncul di MCU pada tahun 2024 mendatang, karakter ini kemungkinan besar akan kembali hadir.

Serial She-Hulk episode 5 mulai memperlihatkan formula yang sama, berupa komedi satir dengan kritikan sosial mengenai perempuan. Lebih tenang dibandingkan episode sebelumnya, sepertinya untuk mempersiapkan penampilan perdana Daredevil yang dipersiapkan untuk episode mendatang.

Genre: Drama, Komedi

Sutradara: Kat Coiro

Penulis Naskah: Francesca Gailes, Jacqueline J. Gailes

Pemain: Tatiana Maslany, Ginger Gonzaga, Jameela Jamil

Rekomendasi Serial TV
7.5/10

Summary

Serial She-Hulk episode 5 mulai memperlihatkan formula yang sama, berupa komedi satir dengan kritikan sosial mengenai perempuan. Lebih tenang dibandingkan episode sebelumnya, sepertinya untuk mempersiapkan penampilan perdana Daredevil yang dipersiapkan untuk episode mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *