poster She-Hulk
Review, Serial TV

Review Serial She-Hulk: Attorney at Law Episode 4 (2022): Identitas Jokes Meta

Masih membawa humor receh dan kritik sosial tentang kehidupan wanita di masyarakat, serial She-Hulk episode 4 tetap membawa hal baru di keseluruhan semesta Marvel yang membuatnya semakin menarik untuk dinikmati.

Sinopsis She-Hulk Episode 4

Setelah sukses dengan kasus pertamanya, Jen (Taitana Maslany) mendapatkan pengaduan dari Wong (Benedict Wong) ia mengeluhkan seorang pesulap bernama Danny Blaze yang merupakan mantan murid di Kamar-Taj merekayasa dan mengantarkan orang-orang ke dimensi lain untuk pertunjukannya.

serial She-Hulk episode 4
via Disney+

Ketika sedang mengerjakan kasus tersebut, Jen yang masih mencari sosok kekasih mulai membuka aplikasi Matchers. Diacuhkan ketika membuat akun dengan identitas aslinya, Jen akhirnya mendapatkan ‘match’ ketika menggunakan identitas She-Hulk.

Setelah banyaknya kencan dengan pria, ia akhirnya bertemu dengan pria gagah yang berprofesi sebagai ahli onkologi anak. Tapi ketika sedang bercumbu, Wong membuka portalnya dan meminta pertolongan untuk mengusir iblis yang masuk ke Bumi akibat kesalahan dari Danny Blaze.

Masih dengan komedi meta

Episode kali ini menghadirkan plot yang berbeda dibandingkan tiga episode sebelumnya. Walaupun masih dalam benang merah cerita Jen sebagai pengacara sekaligus She-Hulk. Memberikan kesan serial lepas yang masih belum terpengaruh plot yang lebih besar, seperti pada Hawkeye maupun WandaVision.

Jokes yang meta sekaligus progresi plot yang terpecah-pecah membuat serial ini memiliki ciri khasnya sendiri. Membuatnya lebih dekat dengan ranah komedi serta menghadirkan humor meta layaknya Deadpool yang jarang ditemukan di Marvel saat ini.

She-Hulk
via Disney+

Setelah petualangan menjelajahi ruang angkasa dan antar dimensi dengan villain berkekuatan besar, kisah tentang orang-orang biasa yang terjebak di tengah-tengah manusia berkekuatan super menjadi daya tarik tersendiri pada sinema Marvel.

Sutradara Kat Coiro menghadirkan cerita baru tentang keseharian Jen sebagai pengacara, kali ini dengan kasus baru dan masih dengan persoalan Jen yang baru saja menerima kenyataan bahwa dia bukan hanya pengacara biasa, tapi manusia berkekuatan super She-Hulk.

Di episode ini, ada lebih banyak kesempatan bagi Jen untuk menembus dimensi keempat dan berbicara dengan penonton. Termasuk menyadari bagaimana penonton menyukai kehadiran Wong sebagai cameo yang menghiasi serial ini.

CGI She-Hulk
via Disney+

Hanya saja yang paling menarik perhatian tentu saja Madisynn (Patty Guggenheim) yang datang dengan suaranya yang cempreng dan gaya khas Valley Girl, cewek-cewek gaul kulit putih kelas atas di area selatan California. Membawa nuansa berbeda dan khas yang tentu menambah humor dan jokes di sepanjang kemunculannya.

Kritikan sosial dan cameo

Bertumpu pada jokes dan cerita, Jessica Gao sebagai kreator tak ketinggalan membawa kritikan mengenai perempuan di kehidupan sosial. Kali ini mengenai susahnya bagi wanita untuk mencari kekasih di usia 30-an.

Belum lagi tentang susahnya bagi wanita untuk mencari tempat yang bebas dan jauh dari godaan laki-laki. Ketika Jen dan Nikki hanya membutuhkan ruang untuk duduk dan mengerjakan pekerjaan yang mereka harus selesaikan.

Kehadiran cameo memang selalu dinanti. Salah satunya sang Ghost Rider, Johnny Blaze, yang sempat dikabarkan akan muncul dalam serial ini. Gao malah menghadirkan Donny Blaze (Rhys Coiro), sebuah cameo yang tentu saja datang sebagai pengalihan dari superhero yang sempat diperankan oleh Nicholas Cage tersebut.

Donny Blaze dan Madisynn di She-Hulk episode 4
via Disney+

Bukannya sebagai seorang superhero, tapi Donny Blaze adalah mantan murid Seni Mistik di Kamar-Taj. Tapi jangan lupa, Johnny sendiri dalam versi komiknya memiliki seorang saudara rahasia bernama Danny, yang tentunya bisa menjadi sebuah easter egg sendiri yang cukup menarik.

Kemunculan Charlie Cox sebagai Matt Murdock kemungkinan besar akan terjadi pada episode minggu depan. Mengingat kembalinya Cox sebagai Daredevil digadang-gadang menjadi highlight serial ini, dia tidak akan hadir hanya dalam satu episode.

Hanya saja dengan track record Marvel yang tak memberikan banyak screen time bagi superhero pendukung, Matt sepertinya hanya akan muncul dalam dua hingga tiga episode saja. Tapi tentu saja kehadirannya merupakan magnet tersendiri bagi serial ini.

She-Hulk di episode 4
via Disney+

Penulis dan creator serial She-Hulk sepertinya memahami kelebihan dan kekuatan serial ini dibandingkan iterasi Marvel sebelumnya. She-Hulk episode 4 lebih mudah menyasar segmen tersendiri yang mungkin sudah terlalu jenuh dengan kisah superhero yang terlampau megah.

Membawakan cerita yang lebih ringan dan mungkin tak pernah ditampilkan di MCU sebelumnya, mulai dari dunia yang sudah terbiasa dengan manusia berkekuatan super sampai dengan apa yang dilakukan oleh superhero seperti Wong ketika tidak sedang menyelamatkan dunia.

Genre: Komedi

Sutradara: Kat Coiro

Penulis Naskah: Jessica Gao

Pemain: Tatiana Maslany, Mark Ruffalo, Ginger Gonzaga

Rekomendasi Serial TV
8.5/10

Summary

Membawakan cerita yang lebih ringan dan mungkin tak pernah ditampilkan di MCU sebelumnya, mulai dari dunia yang sudah terbiasa dengan manusia berkekuatan super sampai dengan apa yang dilakukan oleh superhero seperti Wong ketika tidak sedang menyelamatkan dunia.

Leave a Reply