Categories
Review Serial TV

Review Serial Shadow and Bone Season (2021): Fantasi yang Epik namun Rumit

Serial Shadow and Bone disebut-sebut sebagai salah satu serial TV paling dinanti-nanti tahun ini. Diadaptasi dari novel karya Leigh Bardugo, Grishaverse sudah dikembangkan menjadi 10 judul novel. Dan musim pertama serial Netflix ini mengadopsi dua buku dan event yang berbeda, Shadow and Bone dan Six of Crows.

Berlatar di Kerajaan Ravka (terinspirasi dari Rusia), serial ini fokus pada remaja Alina Starkov (Jessie Mei Li) yang tumbuh di panti asuhan bersama sahabatnya, Malyen Oretsev (Archie Renaux). Ketika mereka menyeberangi The Fold, kabut hitam yang dipenuhi oleh monster bernama Volcra, kekuatan Alina sebagai seorang Sun Summoner terkuak.

Alina Starkov dan General Kirigan
via Netflix

Memiliki satu-satunya kekuatan yang bisa menghilangkan The Fold, Ia pun ditempatkan di Little Palace oleh General Kirigan (Ben Barnes) untuk mendapatkan pelatihan sebagai Grisha. Kabar tersebar, Alina menjadi incaran dari trio penipu, Kaz (Freddy Carter), Inej (Anita Suman), dan Jesper (Kit Young) yang ingin menculiknya.

Fantasi remaja

Serial Shadow and Bone menawarkan kisah fantasi berlatar dunia fiksi dengan berbagai karakter dan dunia baru, termasuk Grisha, nama untuk mereka yang memiliki bakat sains setara penyihir. Termasuk pergolakan politik dari negeri Ravka yang terbelah oleh The Fold dengan wilayah Fjerda dan Shu Han.

Alina Starkov
via Netflix

Ada banyak lanskap baru yang ditawarkan, perpaduan Middle-Earth yang megah dengan Westeros dari Game of Thrones yang magis. Budget tinggi terlihat dari penampakan dunia Grishaverse, mulai dari baju serta latar tempat yang unik. Dari Little Palace yang mewah hingga menyusuri bar yang kumuh.

Kisah drama dan petualangannya cukup memikat. Karakter di dalam serial ini terbagi dalam beberapa segmen, dimana kisah mereka saling berpapasan satu sama lain. Sebagian besar karakter memiliki keunikan tersendiri, seperti Jesper yang flamboyan, Kirigan yang karismatik, hingga Alina dan Mal yang “bucin.”

BACA JUGA  Rick and Morty Season 4 Episode 6 Explained
Jesper dan Kaz dalam Serial Shadow and Bone
via Netflix

Hanya saja pengembangan plot yang ditawarkan terasa flat dan kurang memikat. Narasi klise The Chosen One milik Alina tak jauh berbeda dengan seri lain: seorang gadis polos yang seringkali terpinggirkan harus memikul beban sebagai yang terpilih. Apalagi nama Shu Han, negara asal leluhur Alina, terlalu sering diucapkan tanpa pernah dijelaskan.

Menarik namun rumit

Sumber asli karya Bardugo datang paska masa keemasan genre fantasi remaja. Setelah Harry Potter yang menguasai era 2000-an, seri Percy Jackson (2005), Hunger Games (2008), dan trilogi Divergent (2011), Grishaverse membawa tren fantasi dengan elemen politik dan cinta segitiga antar karakter utamanya.

Alina dan Mel dalam serial Shadow and Bone
via Netflix

Sedang di seri adaptasinya, Heisserer selaku sutradara memperdalam cerita dengan memasukkan elemen lain dari buku lain di Grishaverse serta memperkenalkan karakter yang lebih menarik. Sayangnya membuat musim pertama terasa berbelit-belit dan sedikit membingungkan karena menggabungkan dua buku aslinya.

Ada banyak karakter, sub plot, dan pengenalan tentang dunia Grishaverse yang harus dipadatkan dalam 8 episode di musim pertama. Termasuk dua karakter, Nina (Danielle Galligan) dan Matthias (Callahan Skogman) yang baru bergabung dengan karakter lainnya di akhir episode 8.

Jesper, Inaj, dan Kaz
via Netflix

Tapi premis yang apik adalah pondasi yang kuat bagi Netflix untuk menghadirkan kelanjutan cerita Alina dan yang lainnya. Apalagi dengan cliffhanger di akhir episode dan bertemunya semua karakter utama yang sudah diperkenalkan di awal cerita, Shadow and Bone kemungkinan besar akan berlanjut ke musim selanjutnya.

Serial Shadow and Bone Season 1 menghadirkan fantasi remaja yang segar, menarik, dan membawa penonton mengenal ke dunia Grishaverse. Tapi di sisi lain terasa rumit dan kurang menghentak jika dibandingkan dengan seri fantasi lainnya yang lebih megah, seperti Game of Thrones atau Lord of the Rings.

BACA JUGA  Netflix Kembangkan Serial Live Action Avatar: The Last Airbender

Rating: 6.5/10

Genre: Fantasi, Drama

Sutradara: Eric Heisserer

Penulis: Leigh Bardugo

Aktor: Jessie Mei LiBen BarnesArchie Renaux

Serial Oke
  • 65%
    Serial Oke - 65%
65%

By Padli Nurdin

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.

Leave a Reply