logo Ms Marvel
Review, Serial TV

Review Serial Ms. Marvel (2022): Karakter Phase 4 Paling Bersinar

Serial Ms. Marvel episode 6 menjadi akhir yang fantastis untuk kisah perdana Kamala Khan sebagai remaja/superhero Muslim pertama di Marvel Cinematic Universe. Kisahnya menampung berbagai tema yang kompleks dari perjalanan Kamala sebagai remaja dan superhero. Menjadi representasi kebudayaan Muslim dan Pakistan di Amerika dan dunia.

Sinopsis Serial Ms. Marvel episode 6

Kamala (Iman Vellani) yang kembali dari Pakistan mengetahui bahwa Kamran (Rish Shah) yang terluka dan Bruno (Matt Lintz) tak bisa dihubungi. Mereka berdua dikejar-kejar oleh DODC (Department of Damage Control) yang mencari mereka ke seluruh area New Jersey, termasuk ke dalam masjid.

Kamran dan Kamala Khan
via Disney+

Mereka meminta bantuan Nakia (Yasmeen Fletcher) dan berkumpul di sekolah untuk menyembunyikan Kamran dari kejaran DODC. Keluarga Kamala yang khawatir pun mengutus Aamir (Saagar Shaikh) untuk membantu Kamala.

Mereka mengulur waktu agar Kamran bisa melarikan diri dari kota dengan menyerang pasukan DODC. Kamala beserta Kamran yang baru saja mendapatkan kekuatan warisan ibunya mencoba untuk mengalahkan mereka semua.

Penuh aksi di akhir

Adil Er Arbi dan Billal Fallah kembali menjadi sutradara di episode terakhir serial Ms. Marvel dengan ledakan dan impresif dibandingkan episode sebelumnya. Menjadikan penutup yang epik untuk kisah ‘perkenalan’ Kamala di Marvel Cinematic Universe.

Semua cerita dan alur plot yang terbagi-bagi di lima episode sebelumnya menyatu dalam sebuah tayangan yang meledak-ledak di episode akhir. Bukan hanya menceritakan tentang pengalaman superhero Kamala, tapi menjadi pondasi untuk semesta Marvel seterusnya.

Kamala Khan di serial Ms Marvel episode 6
via Disney+

Episode kali ini turut mempererat hubungan antara Kamala sebagai superhero Muslim pertama di MCU dengan komunitas Muslim di daerahnya. Hadir sebagai pelengkap arc Kamala untuk MCU yang sebagian berbeda dibandingkan dengan kisahnya versi komik Marvel.

Satu hal yang membedakan episode terakhir tentunya tontonan CGI yang lebih besar. Membuatnya lebih cocok untuk sebuah karya blockbuster Marvel. Dan tentu saja, adegan penuh warna masih menjadi ciri khas serial ini hingga akhir episode.

Setelah sebelumnya berbaikan dengan sang ibu, kali ini Kamala mendapatkan momen manis bersama sang ayah yang mengungkapkan arti namanya. ‘Kamal’ dari bahasa Urdu yang berarti ‘keajaiban’ atau ‘Marvel’. Sebuah penghubung yang menawan dengan sang idola, Captain Marvel.

Durasi enam episode tentu saja tak sepadan dengan segala cerita dan narasi yang dimasukkan ke dalam serial ini. Ada begitu banyak kisah yang harus diselesaikan dalam durasi 46 menit. Beberapa cerita terasa seperti melompat-lompat dan sedikit tergesa-gesa.

Bruno, Kamran, dan Nakia
via Disney+

Permasalahan dengan DODC dan arc Kamran yang penyelesaiannya terkesan dipaksakan sepertinya dilakukan agar kisahnya tak melenceng. Sekaligus mempersiapkan Kamala dalam petualangannya bersama Captain Marvel di film The Marvels yang akan dirilis tahun depan.

Tapi untuk sebuah finale, episode keenam masih tetap memesona sebagai akhir manis dari perjalanan pertama Kamala Khan sebagai seorang superhero. Penuh aksi, drama, dan tentu saja membangun pondasi untuk kisah Kamala dan keberlangsungan cerita MCU selanjutnya.

Sebagai wajah Muslim dan Asia Selatan di MCU

Kompleksitas enam episode serial Ms. Marvel membawa berbagai elemen yang membangun serial ini sebagai salah satu angsuran paling menyenangkan sekaligus mengagumkan dari Marvel. Apalagi Phase 4 memang lebih banyak membawa cerita superhero Marvel yang lebih beragam.

Bukan hanya membahas tentang pergolakan remaja dengan segala problematika dan masalah keluarga, Bisha K. Ali selaku kreator dengan kreatif menyandingkannya dengan polemik antar ras serta agama yang terjadi di dunia nyata.

keluarga Kamala di serial Ms Marvel episode 6
via Disney+

Penggambaran Partition yang mengharukan hingga betapa rumitnya menjadi remaja Muslim, terlebih remaja Muslim wanita, di Amerika adalah poin penting yang membuat serial ini terasa kompleks. Tapi bukannya dibuat berat, Bisha menghadirkannya dengan gaya yang ringan dan penuh warna.

Terlebih pada episode akhir, dimana Kamala semakin terhubung dengan komunitas Muslim membuatnya mengalami perkembangan karakter yang semakin kuat. Momen-momen kebersamaan tersebut membuatnya tetap setia dengan kekuatan sejati dari Kamala di Marvel: sebagai representasi remaja dan komunitas Muslim di Amerika.

Ending Ms. Marvel

Latar berlanjut satu minggu setelah malam penuh aksi yang dialami oleh Kamala Khan. Ia bertemu kembali dengan Bruno dan Nakia. Disanalah Bruno mengungkapkan bahwa semua kekuatan yang dimiliki oleh Kamala merupakan hasil mutasi dari DNA Kamala.

Adegan ini menegaskan bahwa Kamala Khan merupakan superhero atau karakter pertama yang disebut sebagai ‘mutan’ dalam MCU. Penjelasan dari Bruno merupakan sebuah alur baru yang tentunya membuka lebar pintu masuk ‘mutant’ a.k.a X-Men ke dalam MCU.

Kamala Khan sebagai Ms Marvel
via Disney+

Menjadikan latar Kamala sebagai mutant alih-alih Inhuman adalah perubahan alur yang smooth bagi Marvel. Mengingat kemunculan mutant lebih banyak ditunggu-tunggu setelah Marvel membeli 20th Century Fox yang memegang keseluruhan hak cipta X-Men.

Bahkan easter egg yang menarik ketika Bruno menjelaskan mutasi tersebut, terdengar soundtrack orisinil animasi X-Men ‘97, sebagaimana terpampang pada credit akhir. Apalagi Marvel memang berencana untuk mengadaptasi serial animasi yang populer di era 90-an tersebut.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, MCU akhirnya membawa karakter Captain Marvel. Dalam adegan post credit Ms. Marvel episode 6 diperlihatkan Kamala sedang berada di kamarnya ketika gelangnya menyala. Dan tiba-tiba ia berganti dengan Carol Danvers (Brie Larson) yang muncul di kamarnya.

Pergantian ini menggiring lebih banyak persamaan bagi Kamala dan Captain Marvel. Kekuatan Kamala yang berkaitan dengan dimensi dan energi kosmik kemungkinan besar menjadi benang merah dalam film The Marvels.

Iman Vellani sebagai Kamala Khan di serial Ms. Marvel
via Disney+

Walaupun belum ada informasi tambahan mengenai apa yang terjadi antara Kamala dan Carol Danvers, adegan ini menjelaskan bagaimana perubahan kekuatan Kamala di MCU dibandingkan komik semata-mata untuk menghubungkannya dengan cerita MCU yang lebih luas.

Secara keseluruhan, serial Ms. Marvel episode 6 menutup kisah Kamala yang menyenangkan dan penuh kejutan. Meski memang tak sempurna, tapi segala hal yang menjadi sistem pendukung serial ini mampu menghadirkan ekosistem yang menarik dan tetap konsisten di setiap episodenya.

Keberagaman cast dan tema yang diangkat, diperkuat dengan elemen budaya dan perjalanan pertama Kamala Khan di MCU menjadikan Ms. Marvel sebagai salah satu adaptasi Marvel yang tak kalah menarik dibandingkan versi aslinya.

Genre: Aksi, Komedi

Kreator: Bisha K Ali

Pemeran: Iman Vellani, Matt Lintz, Rish Shah

Rekomendasi TV Series
9/10

Summary

Secara keseluruhan, serial Ms. Marvel episode 6 menutup kisah Kamala yang menyenangkan dan penuh kejutan. Meski memang tak sempurna, tapi segala hal yang menjadi sistem pendukung serial ini mampu menghadirkan ekosistem yang menarik dan tetap konsisten di setiap episodenya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *