Review Film The Lies She Loved (2017) – Sulit Ditebak dan Menyentuh

review film the lies she loved

Film The Lies She Loved atau Uso wo Aisurru Onna adalah film drama misteri romantis Jepang dengan pace yang relatif lambat namun mampu membuatmu betah untuk menontonnya hingga akhir berkat pengungkapan misteri yang berlapis-lapis dan sulit ditebak, twist yang memilukan dan penampilan memesona dari para bintangnya terutama sang tokoh utama, Masami Nagasawa (Our Little Sister, Bleach).

Film Jepang ini bercerita tentang Yukari Kawahara (Masami Nagasawa) yang memiliki karir sukses, kekasih yang perhatian, dan lebih hebatnya lagi ia adalah “Woman of the Year” di sebuah majalah. Kehidupannya terasa sangat sempurna hingga suatu hari polisi datang mencarinya untuk menanyakan tentang kekasihnya, Kippei Koide (Issei Takahashi).

Ini membuat Yukari sadar kalau selama lima tahun hidup bersama ada rahasia yang tidak ia ketahui tentang kekasihnya. Berbekal sebuah novel yang belum siap, Yukari mencoba mengungkap rahasia atau kebohongan yang ditutup rapat oleh Kippei bersama Takumi (Kotaro Yoshida) seorang detektif swasta, Kimura (Daigo) seorang hacker jenius dan Kokoha (Rina Kawei) seorang pelayan toko misterius.

film romantis jepang terbaik
Takumi, Daigo, Kokoho, dan Yukari, Via IMDB

Kazuhito Nakae yang merangkap sebagai sutradara dan penulis menyajikan film The Lies She Loved dengan pace yang lambat namun stabil hampir selama dua jam. Walaupun agak lambat, tidak ada adegan yang terasa draggy dan membosankan. Ini mengesankan karena sebelumnya Kazuhito Nakae hanya terlibat dalam film pendek.

Salah satu yang membuat film ini tidak membosankan adalah cast yang apik. Masami Nagasawa yang selalu memesona sangat cocok memerankan Yukari, seorang wanita karir yang ceria namun juga memiliki konflik batin tentang pekerjannya dan kebohongan kekasihnya.

Issei Takahashi (Kill Bill, Blank 13) juga tampil apik memerankan Kippei, dokter misterius yang hidupnya lebih banyak di-support kekasihnya. Karakternya sebagai kekasih yang sangat baik, perhatian dan selalu mendukung Yukari mengundang simpati.

ulasan bahasa indonesia film Uso wo Aisurru Onna
Kippei dan Yukari

Chemistry mereka sebagai pasangan wanita karir dan “bapak rumah tangga” sangat natural, manis, dan romantis. Saking bagusnya, kita merasa dikhianati ketika tahu Kippei berbohong dan menyembunyikan sesuatu dari Yukari (bukan spoiler).

Begitu pula dengan Kotaro Yoshida (Assassination Classroom, Over Drive) yang memerankan seorang detektif swasta. Perannya sebagai om-om oportunis namun bijak dan suportif membuat cerita penuh pesan. Penyelidikan yang ia dan Yukari lakukan menjadi sebuah road trip yang menyenangkan.

review film the lies she loved bahasa indonesia
Takumi dan Yukari

Film dengan pace lambat ini semakin tidak membosankan berkat misteri berlapis-lapis yang sulit ditebak disajikan dengan cara yang tidak berat lewat dialog ringan dan flash back yang menyentuh serta memilukan. Kamu bisa tinggal duduk manis sambil menikmati popcorn (atau mungkin juga tisu) ketika misteri dan kebohongan Kippei satu persatu dipecahkan.

Konsekuensi mengungkap rahasia pasangan

Film The Lies She Loved mengangkat tema rahasia dalam sebuah hubungan. Tanpa memberikan spoiler, ketika Yukari menyewa Takumi untuk menyelidiki masa lalu kekasihnya, sang detektif mewanti-wanti kalau mencari tahu rahasia atau masa lalu pasangan selalu berakhir dengan penyesalan.

Film ini ingin menceritakan kalau sangat ingin tahu dengan masa lalu atau rahasia pasangan, kita harus siap dengan segala konsekuensinya. Rahasia itu bisa membunuh perasaan dan merusak hubungan yang telah terjalin, atau malah sebaliknya. Tergantung bagaimana kita menyikapinya.

film jepang romantis
Masami Nagasawa dalam film The Lies She Loved

Tema ini semakin diperkuat oleh subplot tentang masa lalu si detektif swasta. Awalnya subplot ini terasa dipaksakan seolah-olah membuat film menjadi lebih rumit. Tapi ternyata tidak. Masa lalu Takumi berfungsi menguatkan tema yang disajikan oleh film The Lies She Loved tersebut.

Tema ini kemudian juga dihiasi oleh isu budaya “gila kerja” masyarakat Jepang yang membuat twist film ini semakin sedap.

Film The Lies She Loved adalah tontonan dengan cerita yang sulit ditebak, penuh pesan, dan disajikan dengan ringan.

Rating: 3.5/5


Genre: Drama, Romance, Mistery

Sutradara: Kazuhito Nakae

Penulis: Kazuhito NakaeNozomi Kondo

Bintang: Masami NagasawaIssey TakahashiDaigo, Kôtarô Yoshida

Review Overview
  • Rating Film
3.5

Kesimpulan

Film The Lies She Loved adalah film drama-misteri-romantis dengan pace lambat namun stabil. Film ini tidak membosankan berkat misteri yang susah ditebak dan juga menyentuh serta penampilan apik dari para bintangnya, terutama Masami Nagasawa.

Sending
User Review
( votes)

Sedang belajar mengedit tulisan di Mariviu.