fbpx

Review Film Hotel Mumbai (2019): Tragedi Mencekam yang Terasa Nyata

Suasana mencekam dan menegangkannya terasa nyata.

ulasan film hotel mumbai

Film yang diangkat dari kisah nyata yaitu serangan teror di Mumbai yang terjadi di hotel Taj Mahal Palace atau dikenal sebagai tragedi 26/11. Film besutan sutradara Anthony Maras mengangkat kisah ini dari sudut pandang bagaimana perjuangan dan dedikasi dari pegawai hotel untuk menyelematkan para tamu hotel. Film Hotel Mumbai dibintangi Dev Patel, Armie Hammer, Nazanin Boniadi, Anupam Kher, Tilda Cobham-Hervey, Jason Isaacs, Suhail Nayyar, dan Natasha Liu Bordizzo.

Sinopsis film Hotel Mumbai

Film ini berawal dari serangan 10 ekstrimis yang diketuai oleh pria yang dikenal dengan The Bull meluncurkan serangkaian serangan membabi buta di kota Mumbai. Serangan pertama terjadi di stasiun kereta api Chhatrapati Shivaji Terminus (CST), Café dan restoran yang mayoritas dengan pengunjung turis, Gedung pusat komunitas Yahudi, kantor polisi, dan lokasi terakhir adalah hotel bintang lima yaitu Taj Mahal Palace.

review film hotel mumbai indonesia
Via IMDb

Pada teror ini para pegawai hotel berusaha menyelamatkan para tamu dari penembakan, pengeboman dan penyanderaan dari para ekstrimis. Mereka harus melakukan penyelamatan selama 10 jam karena harus menunggu pasukan elit India datang dari Delhi.

Suasana Mencekam dan Mengerikan Sepanjang Film  

Penonton akan diajak menyaksikan adegan baku tembak membabi buta layaknya menonton film genre action thriller. Sang sutradara, Anthony Maras, berhasil membawa suasana yang mencekam di tiap adegan di mana para tamu dan pegawai hotel mencoba melarikan diri dari para ekstrimis.

ulasan film hotel mumbai
Via Make the Switch

Gambaran mencekam bukan hanya terjadi di hotel Taj Mahal Palace tetapi juga dirasakan di luar hotel. Ketakutan warga India dan media-media lokal serta asing memberitakan penyerangan ini ditampilkan dalam nuansa yang kelam.

Dramatisasi yang begitu menyentuh

Film Hotel Mumbai juga menyajikan drama yang menyentuh serta mengharukan. Bagaimana para karyawan hotel rela menyelamatkan para tamu dari serangan ekstrimis walaupun itu bisa mengorbankan nyawa mereka.

review film hotel mumbai indonesia
Via IMDb

Selain itu banyak juga adegan para tamu hotel yang berusaha menyelamatkan keluarga, kekasih dan kerabat mereka dari ancaman para ekstrimis.

Kualitas Pemain Menjadi Kekuatan

Penggambaran ketakutan, kesedihan, kepanikan, dan juga kebahagiaan berhasil disampaikan kepada penonton dengan sangat baik. Ini tidak lepas dari kualitas penampilan para aktor membawakan karakter masing-masing.

Seperti peran Arjun yang diperankan oleh Dev Patel. Karakternya sebagai pelayan hotel yang sedang berjuang menghidupi keluarganya harus berupaya menyelamatkan para tamu hotel. Kualitas aktingnya di sepanjang film membuat hati penonton terenyuh.

Penampilan aktor kawakan Anupam Kher sudah tidak usah diragukan lagi. Pengalamannya membintangi sekitar 400 film terbukti dari bagaimana ia membawakan peran sebagai Herman Oberoi yaitu salah satu kepala koki hotel yang sigap dan cekatan dalam menyelamatkan tamu hotel.

Untuk pemeran wanitanya, yang cukup mencuri perhatian adalah Nazanin Boniadi yang berperan sebagai Zahra. Karakter seorang ibu dan istri dari keluarga terpandang yang harus berjuang sendiri menyelamatkan keluarganya dari para ekstrimis, terutama suaminya yang seorang warga negara asing yaitu David (Armie Hammer) yang menjadi incaran para ekstrimis.

Kesimpulan

Film yang terinspirasi dari kisah nyata dan menjadi sejarah kelam di India ini sangat berhasil dibawakan ke dalam media film oleh sutradara Anthony Maras. Walaupun film ini diangkat berdasarkan film dokumenter berjudul Surviving Mumbai karya Victoria Midwinter Pitt (2009), sutradara Anthony Maras mengungkapkan bahwa dirinya tetap mewawancarai para veteran teror ini, seperti bertemu dengan Herman Oberoi (Kepala Koki Hotel) demi menjaga kualitas keaslian tragedi tersebut. Tak heran penggambaran suasana yang mencekam dan menegangkan hingga kualitas aktor sangat terasa nyata.

Pesan yang disampaikan dalam film Hotel Mumbai pun terasa sangat kental tentang bagaimana menolong orang lain sudah menjadi kewajiban sesama manusia terlepas apapun latar belakangnya.

Penggunaan atribut keagamaan dalam film Hotel Mumbai kemungkinan berpotensi mendapat sorotan tajam di Indonesia. Sehingga sangat menarik untuk mengetahui respon penonton Indonesia setelah menonton film ini.

Sekadar informasi, film ini penuh dengan adegan kekerasan jadi pastikan batas usia untuk menontonnya, ya.

Film Hotel Mumbai mulai tayang 9 April 2019. Selamat menonton!

Rating: 4/5


Genre: Drama, History, Thriller

Sutradara: Anthony Maras

Penulis: John ColleeAnthony Maras

Bintang:Dev PatelArmie HammerNazanin Boniadi

Review Overview
  • Wajib tonton!
4

Kesimpulan

Film Hotel Mumbai menampilkan perjuangan pegawai hotel yang penuh dedikasi untuk menyelematkan para tamunya. Sang sutradara juga berdedikasi tinggi untuk menjaga keotentikan cerita. Terlihat dari nyatanya suasana mencekam dan menegangkan yang tersaji.

Sending
User Review
4.67 (3 votes)