fbpx

Review Film Five Feet Apart (2019) – Lima Langkah yang Sangat Jauh

Jauh dari kesan sedih yang berlebihan

review film five feet apart indonesia

Apa jadinya jika kamu dan pasanganmu saling menyukai tapi harus menjaga jarak? Bukan karena menghindari zina, tapi karena menghindari maut. Premis inilah yang diangkat dalam film Five Feet Apart, drama romantis yang tayang pada bulan Maret ini.

Film ini diadaptasi dari novel berjudul sama karangan Rachael Lippincott, Mikki Daughtry, dan Tobias Laconis. Disutradarai oleh Justin Baldoni, Five Feet Apart dibintangi bintang muda Haley Lu Richardson (The Edge of Seventeen) dan Cole Sprouse (Riverdale).

Stella (Haley Lu Richardson) dan Will (Cole Sprouse) adalah 2 remaja yang menderita Cystic Fibrosis yang menjalani perawatan di rumah sakit yang sama. Penyakit genetika ini menyebabkan lendir-lendir di dalam tubuh mereka menjadi kental dan lengket, sehingga menyumbat berbagai saluran, terutama saluran pernapasan. Mereka dilarang berdekatan karena berpotensi saling menularkan bakteri yang bisa berujung kematian. Maka jarak terdekat yang diizinkan adalah sejauh 1,8 meter.

Film ini berawal dari pertemuan Stella dan Will di rumah sakit. Will yang memiliki sikap tidak peduli dan cenderung melawan semua pengobatan menjadi termotivasi untuk sembuh sejak mengenal Stella. Semakin kuat perasaan cinta mereka maka semakin besar pula keinginan untuk saling mendekat. Namun tidak bisa dipungkiri ada jarak yang harus mereka jaga untuk bisa tetap hidup.

Jika kamu sudah melihat trailernya, mungkin berpikir kalau film ini akan menghadirkan kisah cinta super cengeng. Tapi, nyatanya tidak.

Karakter Stella yang ceria dan sosok Will yang memesona membuat jalan cerita film ini tidak meninggalkan kesan sedih dan cengeng yang terlalu berlebihan. Justru film ini juga memiliki beberapa dialog yang lucu dan menyenangkan.

Kekuatan film ini ada pada kisah cinta unik yang dibatasi oleh jarak lima langkah. Terlihat dekat tapi terasa sangat jauh. Pantangan inilah yang menjadi tantangan bagi Stella dan Will untuk tetap bersama. Mereka memahami peringatan dan resiko yang bisa mereka terima. Namun Stella dan Will tampak sangat bahagia menjalani hidup mereka.

Film Five Feet Apart menjadi film kedua dari Cole Sprouse yang lebih dikenal melalui perannya di serial TV Riverdale. Ia cukup baik membangun chemistry dengan Haley Lu Richardson yang sudah lebih banyak membintangi film dan tampil bagus di film ini.

Plot cerita yang santai dan diselingi beberapa adegan flash back dengan set dominan di rumah sakit membawa kita mengetahui tentang kehidupan pengidap penyakit Cystic Fibrosis di mana mereka harus menjalani perawatan yang cukup lama dan jauh dari kehidupan remaja pada umumnya. Rumah sakit sudah layaknya rumah bagi mereka.

Secara keseluruhan film ini tidak hanya fokus dalam kisah percintaan yang unik antara pengidap Cystic Fibrosis. Tetapi di dalamnya juga ada kisah persahabatan dan keluarga.

Kisah percintaan 2 remaja yang memiliki waktu hidup yang terbatas ini mengingatkan kita pada film The Fault in Our Stars yang bertema serupa yang tayang pada tahun 2014 silam. Namun film Five Feet Apart lebih ringan dan jauh dari kesan terlalu sedih yang berlebihan.

Film Five Feet Apart mungkin bukan film drama romantis terbaik karena jalan cerita yang mudah ditebak, namun film ini tetap layak ditonton.

Film ini sedang tayang di bioskop seluruh Indonesia. Selamat menonton!

Rating: 3/5

Sutradara: Justin Baldoni

Penulis: Mikki DaughtryTobias Iaconis

Bintang: Haley Lu RichardsonCole SprouseClaire Forlani

Review Overview
  • Layak untuk ditonton
3

Kesimpulan

Film Five Feet Apart memiliki kekuatan pada kisah cinta unik dua tokoh utamanya. Walau premisnya sedih, film ini justru jauh dari kesan sedih yang berlebihan berkat dialognya yang menyenangkan.