Review Film Dumbo (2019): Kisah Seekor Anak Gajah yang Istimewa

Menjadikan kekurangan sebagai suatu kelebihan

ulasan film dumbo

Begitu banyak film Disney yang sangat bagus dan populer baik dari alur cerita maupun visualnya, kini Disney kembali lagi dengan film barunya yaitu Dumbo yang sangat menyentuh hati. Tidak menyangka bahwa film yang memiliki banyak pesan ini merupakan adaptasi dari film animasi klasik pada tahun 1941 dengan judul yang sama.

Kisah seekor bayi gajah yang unik

Dumbo berlatar di sebuah sirkus yang dimiliki Max Medici (Danny DeVito). Ia memiliki banyak binatang yang dilatih untuk pertunjukkan sirkusnya, salah satunya adalah seekor gajah betina yang ternyata sedang mengandung dan akan segera melahirkan.

review indonesia dumbo
via imdb

Bayi gajah itu terlahir unik dan diberi nama Dumbo. Namun keunikannya membuat Max Medici tidak senang karena gajah itu dianggap tidak menarik dan akan merugikan sirkusnya. Untungnya, kedatangan mantan bintang sirkus Holt Farrier (Colin Farrell) dan anak-anaknya, Milly (Nico Parker) dan Joe (Finley Hobbins), perlahan mengubah kehidupan Dumbo yang malang.

Kisah keluarga yang haru

ulasan dumbo
via imdb

Film Dumbo menghadirkan tema keluarga yang mengharukan. Selain terlahir berbeda dan tidak disukai oleh majikannya, Dumbo juga mengalami kemalangan di mana ia harus kehilangan satu-satunya keluarganya karena ia terlahir berbeda. Untungnya, kehadiran Milly dan Joe membuat Dumbo seakan memiliki keluarga baru yang sayang kepadanya di tengah-tengah kemalangan yang ia alami.

Beda itu istimewa

Selain berkisah tentang keluarga, film Dumbo juga mengangkat kisah anak yang terlahir berbeda. Siapa sangka kalau keunikan Dumbo yang sebelumnya dianggap sebagai sesuatu yang merugikan justru berubah menjadi sumber keberuntungan.

Max Medici mendapatkan peluang besar lewat keunikan Dumbo. Bahkan semua orang menjadi takjub dengan keunikan gajah mungil itu. Sirkus milik Max pun akhirnya kembali maju hingga menarik perhatian pengusaha terkenal, V.A. Vandevere (Michael Keaton).

review dumbo
via imdb

Menjadi berbeda ternyata tidak selalu buruk. Keunikan Dumbo ternyata bisa menjadi suatu keuntungan baginya yaitu bisa bekerja sama dengan seniman-seniman terkenal lainnya seperti bintang sirkus Colette Marchant (Eva Green).

Film Dumbo ingin menyampaikan kalau kamu tidak perlu malu atau minder jika terlahir berbeda. Kamu harus bisa mencari keistimewaanmu yang tidak dimiliki oleh orang lain dan hidup dengan bahagia.

Penampilan para cast

Dumbo didukung oleh penampilan yang sangat bagus dari setiap pemainnya. Peran kakak-adik (Milly dan Joe) sukses memberikan kesan dan pesan bahwa di dalam setiap keluarga harus mendukung satu sama lain ketika menghadapi suatu masalah.

Begitu juga dengan Holt Farrier, sebagai seorang ayah yang bekerja dalam dunia hiburan, ia harus memberikan contoh yang baik bagi anak-anaknya dan selalu bisa diandalkan dalam situasi apapun.

review film dumbo
via imdb

Selain karakter yang bagus, film Dumbo juga mengandung unsur komedi yang cukup menggelitik di beberapa adegannya.

Visual yang tidak perlu diragukan lagi

Sebagai film Disney, pastinya kualitas visual film Dumbo tidak perlu diragukan lagi. Film ini menggunakan CGI yang sangat meyakinkan. Segala hal yang terlihat sulit untuk direalisasikan di kehidupan nyata bisa menjadi diwujudkan dengan teknologi tersebut.

Jika kamu penikmat Disney, kamu wajib menonton Dumbo karena banyak sekali pesan yang terkandung di dalamnya. Film ini bisa ditonton oleh semua umur, terlebih lagi bagi yang memiliki anak kecil bisa menjadi rekomendasi film baru yang mau ditonton di akhir pekan. Selamat menonton!

Rating 3/5


Genre:  AdventureFamilyFantasy

Sutradara:  Tim Burton

Penulis: Helen Aberson (novel), Ehren Kruger (screenplay)

Bintang: Colin FarrellMichael KeatonDanny DeVito, Eva Green

Review Overview
  • Fans Disney wajib nonton
3

Kesimpulan

Film Dumbo yang diadaptasi dari film animasi ini memiliki pesan khusus kepada penontonnya, bahwa setiap makhluk hidup dibumi ini pasti memiliki kekurangan dan kelebihan. Semua kekurangan yang kita miliki bisa kita jadikan kelebihan tergantung bagaimana cara kita memanfaatkannya.

Sending
User Review
( votes)