Nama-Nama Besar Pemenang Goodreads Choice Awards 2018

Ajang pemilihan tahunan yang diadakan Goodreads ini selalu membawa hasil yang menarik. Pada tahun 2018 ini para pembaca yang berbasis di Goodreads sudah menentukan pilihannya dan nama-nama pemenang sudah diumumkan di situsnya. Seperti biasa, para pemenang Goodreads Choice Awards selalu beragam dari penulis baru hingga penulis kawakan.

Berikut ini beberapa kategori Goodreads Choice Awards dan pemenangnya:

1. Best Debut Author

Pemenang Goodreads Choice Awards 2018 kategori Best Debut Author

Children of Blood and Bone via Goodreads

Mungkin kamu sudah bisa menebak siapa yang memenangi kategori ini. Iya! Tomi Adeyemi dengan Children of Blood and Bonenya menduduki peringkat pertama untuk kategori Debut Author ini dengan jumlah vote 70.984 mengalahkan A. J. Finn dengan The Woman in the Window dengan vote nyaris hanya setengahnya.

Hal ini bisa diprediksi dikarenakan segera setelah terbit (Maret 2018), buku ini menjadi pembicaraan di seluruh penjuru dunia baik itu di dunia maya maupun di dunia nyata. Bahkan acara talkshow yang dipandu oleh Jimmy Fallon pun menjadikan buku ini sebagai buku yang direkomendasikan pada segmen Jimmy Fallon’s Book Club.

Rumornya di tahun ini juga buku ini sudah ditawarkan untuk diangkat ke layar lebar, dan sepertinya kita hanya perlu menunggu kabar selanjutnya mengenai adaptasi novel pemenang Goodreads Choice Awards ini.

2. Best Young Adult Fantasy

Pemenang Goodreads Choice Awards 2018 kategori Best YA Fantasy

Kingdom of Ash via Goodreads

Empat tahun berturut-turut penulis wanita ini menduduki tahta pada kategori YA Fantasy di ajang Goodreads Choice Awards. Sarah J. Mass, pertama kali menduduki posisi teratas ini pada tahun 2015 dengan novelnya Queen of Shadow. Sekarang, tahun 2018, Kingdom of Ash adalah buku yang membawa dirinya tetap bertahan pada posisi teratas untuk kategori ini dengan jumlah vote sebanyak 68.782.

3. Best Middle Grade & Children’s

Pemenang Goodreads Choice Awards 2018 kategori Best Middle Grade & Children's

The Burning Maze via Goodreads

Rick Riordan, sang master modernisasi mitologi kembali menjadi pemenang Goodreads Choice Awards dengan menempati posisi pertama lewat jumlah vote 42.529. Pada tahun 2018 ini ia memenangi kategori Best Middle Grade & Children’s dengan novel terakhir dari seri The Trials of Apollo, yaitu The Burning Maze.

4. Best Horror & Best Mystery and Thriller

Pemenang Goodreads Choice Awards 2018 kategori Best Horror

Elevation via Goodreads

Pemenang Goodreads Choice Awards 2018 kategori Best Mystery and Thriller

The Outsider via Goodreads

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Stephen King agaknya cukup puas tahun ini karena ia menempati posisi pertama untuk dua kategori yaitu Best Horror dan Best Mystery and Thriller. Untuk saat ini, sepertinya kita masih harus mengakui Stephen King sebagai master of horror karena menyabet dua kategori tersebut.

Castle Rock, sebuah kota kecil pada novel Elevation mampu membawa Stephen King memenangi ajang besar tahunan ini untuk kategori Best Horror. Sementara itu posisi pertama untuk kategori Best Mystery and Thriller, adalah The Outsider.

5. Best of The Best

 

Pemenang Goodreads Choice Awards 2018 kategori Best of The Best

The Hate U Give via Goodreads

Kategori ini dimenangi oleh Angie Thomans dengan novel debutnya yang berjudul The Hate U Give yang pada tahun lalu memenangi dua kategori. Film adaptasi dari buku ini yang sudah tayang mulai Oktober lalu juga diterima dengan sangat baik di dunia dan mendapatkan penilaian 8.2/10 pada situs Rotten Tomatoes.

Angie dengan jumlah vote 68.489 mengalahkan sejumlah nama besar pada kategori ini seperti Sarah J. Maas dengan Court of Mist and Fury, Andy Weir dengan The Martian, John Green dengan The Fault in Our Stars dan Pierce Brown dengan novelnya Red Rising.

Sangat menyenangkan menyaksikan nama-nama nominasi dan juga pemenang setiap kategori pada Goodreads Choice Awards setiap tahun nya. Beberapa nama sudah bisa diprediksi melihat respon pembaca sepanjang tahun ini, namun beberapa nama lainnya cukup mengejutkan dan tidak dapat diduga.

Kamu bisa mengunjungi situs Goodreads untuk melihat pemenang Goodreads Choice Awards 2018 dari kategori lainnya, siapa tau ada nama penulis favorit kamu!

Mahasiswa pascasarjana Kajian Wilayah Amerika di salah satu universitas di Indonesia. Mulai menyelami buku-buku sejak SMP diawali dari novel Lupus dan kemudian kuliah S1 di jurusan Sastra. Aktif meresensi buku melalui Instagram dan Youtube.