Paduan Hip-Hop dan Dream Pop di Album Baru Vansire: Angel Youth

Vansire, band dream pop asal Rochester, Minnesota baru saja merilis album terbarunya yang berjudul Angel Youth pada tanggal 26 April kemarin. Dibawah label Spirit Goth, Vansire mencoba menghadirkan sesuatu yang berbeda di dunia musik, khususnya dalam genre dream pop dengan memadukan hip-hop. Album baru Vansire Angel Youth ini terdiri dari 17 lagu. Tiga diantaranya sudah dirilis terlebih dahulu yaitu Brown Study, Nice to See You dan Star Catcher. Album mereka kali ini terasa lebih berwarna dengan mengajak beberapa musisi untuk berkolaborasi seperti Chester Watson, Sophie Meiers, Jeremiah Jae dan Ivy Sole.

Vansire digagas oleh dua mahasiswa bernama Josh Augustin dan Samuel Winemiller yang memulai kebersamaan mereka sejak tahun 2016, di mana sekarang terpisah jarak Ohio dan Minnesota karena berbeda kampus. Namun, itu tidak menghalangi proses kreatif mereka sampai akhirnya berhasil merilis  Angel Youth.

Josh dan Sam personil Vansire

Josh dan Sam via vansire bandcamp

Seperti diketahui, musik dream pop identik dengan vokal yang cenderung berbisik atau bernapas berat (breathy), dominasi efek gitar dan instrumen lain yang menyebabkan noise, serta atmosfer dari musiknya itu sendiri yang membuat tubuh kita secara tidak sadar ikut berjalan mengikuti irama. Sementara musik hip-hop identik dengan teknik rap dengan latar musik yang ritmis. Perpaduan dari dua aliran musik inilah yang disuguhkan di album Angel Youth.

Deretan lagu dari album baru Vansire ini bisa dijadikan alternatif bagi penikmat musik yang merasa bosan dengan genre musik yang itu-itu saja. Ditambah lagi, kolaborasi dengan beberapa musisi lainnya membuat Vansire kali ini  terasa lebih segar. Campuran hip-hop dan dream pop di beberapa lagu dalam album ini bisa dikatakan sebuah sajian yang tidak bisa dilewatkan.

Tiga lagu mereka yaitu Star Catcher, Wonderland dan Yours Truly memberikan sensasi baru bagi penikmat musik indie alternatif. Bersama Chester Watson, Jeremiah Jae dan Guilty Simpson, dan musisi lainnya, Josh dan Sam membuat paduan antara hip-hop dan dream pop di lagu ini begitu unik. Disamping kita bisa terenyuh dengan dreamy-nya, kita juga disentakkan oleh selingan rap di tengah lagunya. Racikan musik yang seakan tidak membiarkan kita jatuh terlalu jauh atau terbang terlalu tinggi, namun membiarkan kita melayang menikmati apapun masalah yang ada di depan mata.

Rating
  • Rating Album
4

Kesimpulan

Album baru Vansire yang berjudul Angel Youth kali ini terasa berbeda dengan adanya paduan musik hip-hop dengan dream pop. Beberapa lagu di album ini melibatkan beberapa musisi untuk berkolaborasi seperti Sophie Meiers, Chester Watson, Jeremiah Jae, Ivy Sole, Guilty Simpson, dan Ivy Sole. Paduan dream pop yang membuat kita terenyuh diselingi dengan sentakkan rap di tengah lagunya merupakan sebuah racikan unik dari Vansire yang tidak bisa dilewatkan.

Sending
User Review
4 (1 vote)

Penikmat musik

One Comment

Leave a Reply

%d bloggers like this: