Noob Expert: Onmyoji Arena- MOBA Estetika Jepang

Di tengah ramainya game Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) pada platform mobile, hadir satu judul berbeda. Jika judul kawakan seperti AOV, Mobile Legends, dan Vain Glory telah sukses menghadirkan dunia fantasi multiverse dengan estetika yang beragam pada setiap karakternya, Onmyoji Arena hadir dengan nuansa mitologi Jepang yang kental; membawakan angin segar bagi penggiat MOBA maupun pemain newbie yang menginginkan variasi dalam segi art-style, hingga gameplay.

Onmyoji Arena berlatar belakang peperangan antara siluman-siluman Jepang. Diciptakan oleh Netease Games, game mobile berkualitas ini menghadirkan 55 hero dengan sebutan shikigami; jumlah yang cukup banyak bagi pemain yang ingin mencoba beragam kombinasi dan sinergi pada masing-masing karakter. Mulai dari siluman ikan, rubah, gagak, iblis merah, dewa petir, hingga Inuyasha turut serta dalam meramaikan lapangan pertarungan !

Onmyoji Arena shikigami

Penampakan seluruh shikigami di Onmyoji Arena yang dapat pemain koleksi

Bagi pemain yang masih awam bermain genre MOBA, jangan takut. Onmyoji Arena menyajikan tutorial yang dikemas apik, menjadikan pengalaman pertama bermain mudah untuk diikuti; mulai dari movement, ability, combat hingga simulasi akan Anda jalani secara bertahap. Jika level tutorial sudah selesai diikuti, niscaya Anda tidak akan mengalami kesulitan dalam mengikuti tempo permainan. Anda bahkan dapat memenangkan ronde-ronde awal dengan mudah!

Onmyoji Arena tutorial

Level tutorial yang dikemas apik

Sama dengan game sejenisnya, mekanisme permainan tak jauh berbeda; misi setiap tim adalah menghancurkan tower setiap jalur hingga mencapai tower inti yang disebut inhibitor. Walaupun terdengar sangat umum di genre MOBA, game ini hadir menyertakan perbedaan yang khas, sebagai berikut:

  • Pemain diberi kemampuan untuk membawa dua dari sepuluh talent/spell utility yang ada; mulai dari flash, subdue, heal, dst.
  • Lapangan pertarungan dilengkapi 4 jungle creep bernama kirin yang memiliki warna dan buff yang tertentu diutamakan untuk shikigami assassin/jungler.
  • Ada dua monster besar yang memiliki kegunaan masing-masing; Kraken yang dapat men-disrupt tower dalam beberapa detik, dan Orochi yang memberikan tiga wave creep khusus pada tiap lane secara sekaligus
  • Fitur Arcana/Emblem yang hadir dengan nama Onmyodo, lebih praktis dan sederhana dalam penggunaannya.
  • Role yang ada terdiri dari Samurai (Warrior), Mage, Marksman, Ninja (Assassin), Tank, dan Support.
  • Sistem rank yang hadir berbeda dengan game lain. Dimulai dari rank Bronze hingga Onmyoji, total tier yang ada mencapai 9 level.
Onmyoji Arena Spell

Bermacam Spell yang bisa digunakan dalam setiap pertarungan

Dalam segi grafik, game ini sangatlah memukau. Opsi-opsi seperti high quality picture hingga high framerate menjadi kunci utama dalam presentasi grafis game ini supaya dapat bersaing dengan game sejenis lainnya. Atmosfir dan bangunan dalam peta pertarungan didesain sedemikian rupa demi mengikuti estetika Jepang yang kental. Detil-detil yang dimiliki setiap hero menjadi nilai tambah penunjang segi penampilan; setiap karakter diciptakan serupa dengan concept art yang ditampilkan.

Fase tutorial juga menghadirkan cinematic cutscene yang memilki kualitas tinggi. User Interface yang ada juga tak kalah menarik; dibalut secara interaktif mulai dari font, hingga bentuk tombol interaksi diciptakan konsisten terhadap estetika Jepang yang diangkat pada judul ini. Pada intinya, grafik yang dimiliki Onmyoji Arena sangat bagus dan nyaman dipandang mata memungkinkan Anda nyaman bermain dalam waktu yang lama.

Onmyoji Arena Screnshot

Screenshot in-game Onmyoji Arena

Walaupun playerbase judul ini tidak seramai kompetitor lain, waktu menunggu ketika matchmaking tidak menjadi halangan bagi para pemain yang ingin mencoba. Titik lemah game ini ada pada kehadiran player non-Indonesia yang dapat mengganggu komunikasi disaat Anda bermain solo. Anda bisa menemukan pemain berkebangsaan Filipina, Thailand, hingga Vietnam walaupun sudah memilih server region Indonesia. Disk size yang diminta pun tidak main-main; 1.2 gb diperlukan jika Anda berkeinginan untuk merasakan pengalaman MOBA Jepang yang satu ini.

Onmyoji Arena mendapat rating 4.4 via Play Store dan 4.7 via Itunes.

Bagi yang tertarik, segera kosongkan kapasitas memori smartphone Android atau IOS Anda dan rasakan pengalaman bertarung sebagai siluman Jepang di Onmyoji Arena !

Review Overview
  • Rating Game
4

Kesimpulan

Game MOBA pada platform mobile yang satu ini membawa sedikit perbedaan baik dalam estetika, hingga mekanisme permainan. Menawarkan karakter hero berupa siluman Jepang yang disebut shikigami, game ini tentunya bersifat kompetitif walau playerbase yang dimiliki tak sebanyak judul MOBA lainnya dan size yang diminta sangatlah besar. Cocok bagi pemain newbie maupun seasoned yang mencari udara segar dalam genre MOBA yang sangat ramai digandrungi.

Sending
User Review
( votes)

Gaming addict yang tumbuh kembangnya beriringan dengan perkembangan dunia video game. Sangat suka menulis, dan diskusi. Masih bermimpi punya gaming rig mumpuni.