Noob Expert: Killing Floor 2- PvE Intense penuh Gore

Anda yang suka bermain video game dengan genre horde-action shooter yang menyajikan aksi tembak menembak sembari diserbu sekumpulan kawanan makhluk buas seperti zombie, monster, dll, pasti sudah dekat dengan judul kawakan seperti Left 4 Dead, dan Warhammer: Vermintide. Disamping popularitas yang dihasilkan judul tersebut, muncul satu judul unik dan menarik yakni Killing Floor besutan Tripwire Interactive. Killing Floor yang awalnya hanyalah sebuah mod dari game Unreal Tournament 2004, mendapat kesuksesan besar yang dapat dilihat dari kelanjutan seri berikutnya, Killing Floor 2.

killing floor 2 kill krampus

via gamewatcherstatic

Game dengan gaya permainan 6 player coop horde-shooter ini menyajikan aksi intens penuh darah beserta fitur dismemberment mendetil yang seru; bagi yang sudah terbiasa dengan elemen gore dalam video game tentunya. Dilengkapi dengan musik hardcore nan memacu adrenalin, pemain akan melawan puluhan hingga ratusan berbagai jenis spesimen hasil ciptaan laboratorium Horzine dalam satu map.

Killoing Floor 2 monster ball screenshot

Cipratan darah dimana-mana

Terdengar keren bukan? Tentu saja, karena game yang rilis di platform PS4, Xbox One, dan PC ini dilengkapi dengan berbagai mode permainan. Mulai dari Survival mode dimana pemain akan dipaksa bertahan dalam empat hingga sepuluh gelombang serangan yang diakhiri oleh seorang karakter Boss; Endless Mode dimana pemain akan bertahan selama mungkin; dan Weekly mode dimana Anda akan diberikan tantangan atau mutator khusus yang akan mempengaruhi mekanisme permainan dalam periode satu minggu.

Killing Floor 2 hans volter halloween 2018

Dr. Hans Volter, salah satu boss yang akan Anda kalahkan

Grafik yang ditampilkan Killing Floor 2 terlihat mantap walaupun dibuat menggunakan  Unreal Engine 3 yang dapat dikatakan sudah uzur di tengah bermacam judul next-gen yang ada. Mulai dari efek tembakan senjata, cipratan darah yang realistis, hingga detil-detil yang ada dalam suatu map dikemas apik melengkapi beragam fitur yang ada pada gameplay-nya. Perubahan waktu seperti siang dan malam, atau terang dan gelap akan Anda alami selagi Anda bertahan hidup di setiap wave serangan seperti yang dapat Anda lihat pada screenshot in-game dibawah.

Killing floor 2 burningdayparis

Waktu pagi pada map berjudul burningdayparis ini akan berubah menjadi waktu malam pada lima wave berikutnya

Killing Floor 2 menyediakan mekanisme permainan campuran; yakni mekanisme FPS dengan sedikit sentuhan RPG. Setiap kill yang Anda lakukan dan wave yang Anda lalui akan memberikan experience dan uang dengan sebutan Dosh yang dapat digunakan untuk upgrading atau membeli senjata baru di trader post yang muncul setiap akhir wave. Selain fokus mencincang, menghancurkan, hingga melubangi kepala spesimen ganas Horzine, pemain diberikan kebebasan memilih satu dari sepuluh perks, yakni : Berserker, Commando, Support, Field Medic, Demolitionist, Firebug, Gunslinger, Sharpshooter, SWAT, dan Survivalist. Setiap perks mewakili fungsi tertentu; Berserker akan menjadi ‘tameng’ di lini depan, Sharpshooter layaknya seorang Marksman akan fokus mengincar tembakan headshot, Field Medic akan fokus untuk mengobati teman yang terluka, dst.

killing Floor 2 trading post screenshot

Trader post yang muncul di setiap akhir wave

Perks juga akan membantu dalam melawan berbagai musuh spesifik. Fleshpound misalnya, membutuhkan serangan senjata bersifat eksplosif untuk mengalahkannya dengan efisien, berbanding terbalik saat melawan Scrake dimana hanya senjata projektil seperti peluru dapat merubuhkan tubuh kokohnya dengan cepat. Hal tersebut menyebabkan permainan dalam Killing Floor 2 menjadi lebih imbang dan tidak terlalu overpowered; setiap kelas atau perks memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Killing Floor 2 screenshot 2018

Layar pemilihan perks karakter

Dengan hadirnya sistem pembagian perks, beragam variasi senjata juga ikut dihadirkan. Mulai dari persenjataan konvensional seperti AR-15, AK-12, SCAR-H hingga yang unik seperti Hemoglobin dan Eviscerator dapat Anda gunakan demi kreativitas Anda dalam membunuh makhluk-makhluk ganas ciptaan Horzine.

Killing Floor 2 screenshot 2018

Pilihan persenjataan yang dapat digunakan kelas Commando

Setiap tembakan yang menembus kepala spesimen-spesimen ganas hingga ledakan yang menyebabkan anggota tubuhnya berterbangan akan memicu Zed-time, dimana pemain akan diberikan power-up berupa Slow motion yang membantu Anda membidik musuh dalam sejenak waktu. Hadir dengan tampilan hitam-putih-merah, fitur ini membuat setiap wave musuh yang dilalui menjadi lebih keren, intens, dan menarik; Anda akan disuguhkan penampilan spektakuler dimana kepala dan anggota tubuh berterbangan kesana kemari.

Killing Floor 2 Halloween screenshot

Boom! Headshot!

Disamping beragam perks dan persenjataan, pilihan kustomisasi karakter yang dapat dipilih juga memiliki variasi yang unik namun menarik. Mulai dari Rob Briar dan Liutenant Bill Masterson yang dilengkapi dengan pakaian taktikal ala tim SWAT, hingga Tom Banner yang menggunakan baju zirah besi pada zaman pertengahan, semua karakter memiliki latar kisah dan voiceline yang berbeda.

Killing Floor 2 screenshot 2018

Tampilan menu pemilihan karakter

Sejak tanggal 2 Oktober kemarin, game ini menghadirkan Halloween Horrors; event dimana para spesimen akan berubah menjadi monster-monster populer. Anda akan melawan werewolf, frankenstein, mummy, hingga vampire. Tidak hanya merubah tampilan musuh, event ini juga memberikan map baru, yakni Monster Ball yang bertemakan kastil drakula; challenge yang memberikan seasonal reward yang unik; hingga beberapa senjata baru.

BACA JUGA  Review Boruto Chapter 46: Boruto Harus Mati Agar Momoshiki Tak Bangkit? (Spoiler)

Spesifikasi minimum untuk memainkan game ini adalah sbb:

  • OS: Win7 64-bit, Win8/8.1 64-bit
  • Prosesor: Core 2 Duo E8200 2.66GHz atau Phenom II X2 545
  • Memory: 3 GB RAM
  • Kartu Grafis: GeForce GTS 250 atau Radeon HD 4830
  • Network: Koneksi Broadband Internet
  • Kapasitas Harddisk: 20 GB

Killing Floor 2 mendapat skor 75% via Metacritic, 9/10 via Steam, dan 8/10 via IGN Entertainment.

Bagi Anda yang memiliki PC dan ingin segera memainkannya, bulan ini adalah waktu yang tepat untuk membeli game ini karena adanya diskon sebesar 67% via Steam.

Review Overview
  • Rating Game
4.5

Kesimpulan

Game FPS yang berfokus dengan elemen PvE ini memiliki tempo permainan yang intens dimana Anda akan dihadapkan dengan ratusan musuh dalam satu map. Lengkap dengan bermacam pilihan kustomisasi karakter, persenjataan, hingga sistem perks, Killing Floor 2 hadir sebagai salah satu judul horde shooter penuh gore yang mantap untuk dikoleksi.

Gaming addict yang tumbuh kembangnya beriringan dengan perkembangan dunia video game. Sangat suka menulis, dan diskusi. Masih bermimpi punya gaming rig mumpuni.