Karakter World Trigger Pemilik Side Effect Sejauh Ini

World Trigger punya power system yang unik, yaitu Trion. Trion adalah semacam energi yang dihasilkan oleh kelenjar (fiktif) Trion manusia. Pada kasus tertentu, manusia yang punya Trion tinggi akan mendapatkan sebuah efek samping atau Side Effect. Efek ini memberikan kekuatan khusus. Sejauh ini ada 9 karakter World Trigger yang punya Side Effect. Siapa sajakah mereka?

1. Yuichi Jin – Melihat Masa Depan

fuujin jin world trigger
Via Toei Animation

Yang pertama adalah Jin. Pasukan elit Border ini memiliki Side Effect yang bisa dibilang overpowered. Ia mampu melihat masa depan dan segala kemungkinannya. Kekuatan ini bisa aktif pada orang yang sedang ia lihat.

Jin bisa melihat masa depang orang yang sedang ia lihat baik itu karena keputusan orang itu maupun akibat tindakan orang lain. Dengan kekuatan ini, Jin mampu memprediksi setiap gerakan dan strategi lawan.

Sejauh ini, Border selalu bergantung pada kekuatan Side Effect Jin untuk meminimalisir kerusakan dan kerugian yang disebabkan serangan Neighbor.

2. Yuma Kuga – Deteksi Kebohongan

Via Toei Animation

Yuma bisa mendeteksi kebohongan dengan Side Effect-nya. Mungkin tidak semenarik Side Effect Jin atau saingan-saingannya di kelas Attacker. Tapi jangan salah, Side Effect milik Yuma sangat membantu dalam membaca strategi lawan.

Yuma tinggal memancing lawannya berbicara dan melihat apakah lawannya berbohong atau tidak. Dari situ ia bisa tahu apa strategi lawan. Seperti yang ia lakukan saat melawan Viza.

Side Effect Yuma diturunkan dari ayahnya, Yugo. Mungkin kekuatan ini menurun setelah Yuma memakai Black Trigger ayahnya.

3. Chika Amatori – Deteksi Kedatangan Lawan

side effect chika world trigger
Via Toei Animation

Chika punya level Trion yang sangat tinggi, mungkin setara kekuatan Trion yang dihasilkan Black Trigger. Dari Trion yang besar itu, Chika mendapatkan Side Effect bisa mendeteksi kedatangan lawan yang menuju tempatnya. Chika seperti radar yang langsung mendeteksi lawan yang mengincarnya.

Berkat Side Effect ini, Chika selalu selamat dari incaran pasukan Trion. Selain bisa mendeteksi, Chika juga bisa menghilangkan hawa Trionnya sehingga pasukan Trion tidak bisa mendeteksi keberadaannya.

4. Shiro Kikuchihara – Pendengaran Super

side effect world trigger
Via Toei Animation

Awalnya Kikuchihara tidak suka dengan Side Effect miliknya, yaitu indra pendengaran yang sangat tajam. Orang lain juga banyak yang mengejek kekuatannya itu. Tapi ternyata kekuatan Kikuchihara menarik perhatian tim Kazama.

Berkat pendengaran supernya, tim Kazama bisa memaksimalkan kerjasama mereka. Selain itu, dalam invasi Neighbor, bisa kita lihat bagaimana pendengaran super Kikuchihara membantu Border menghadapi lawan yang sangat kuat.

5. Ko Murakami – Belajar dengan Tidur

Via Toei Animation

Side Effect milik Ko Murakami juga termasuk overpowered di World Trigger, jika kita melihat kegunaannya dalam pertarungan. Side Effect ini memberi Ko kemampuan belajar yang cepat saat ia tidur. Semua informasi yang ia dapat ketika bangun akan direkam dalam memori saat tidur.

Side Effect ini membuat para Attacker enggan latihan dengannya karena takut Ko mempelajari taktik dan jurus mereka. Jika Ko sudah mempelajarinya, maka lawannya akan sangat sulit mengalahkan Ko dengan jurus yang sama. Kekuatan ini menghantarkan Ko sebagai salah satu Attacker papan atas Border.

6. Masato Kageura – Sensor Emosi

Via Toei Animation

Karakter Word Trigger yang punya Side Effect selanjutnya adalah Masato Kageura, juga salah satu top Attacker Border. Side Effect milik Kageura membuatnya bisa merasakan emosi lawan yang diarahkan padanya.

Jika lawannya ingin menyerang kepala, maka Kageura akan merasakan nyeri seperti cubitan atau tusukan jarum di kepalanya. Semakin ofensif emosi lawan terhadapnya maka semakin sakit nyeri yang ia rasakan.

Sebenarnya ia benci dengan kekuatannya karena rasa nyeri yang dirasakan, tapi kekuatan ini pula yang membantunya menghindari serangan lawan.

7. Tsukihiko Amo – Melihat Warna Kekuatan

side effect amo world trigger
Via Toei Animation

Amo adalah pasukan elit Border seperti Jin karena menggunakan Black Trigger. Karakternya sangat misterius. Saat ini kekuatan Black Trigger-nya masih belum diketahui. Tapi kekuatan Side Effect-nya sudah.

Amo bisa mendeteksi kekuatan lawan. Orang yang ia deteksi akan memancarkan warna tertentu. Orang biasa punya warna yang beda dari orang yang kuat.

Kekuatan ini sangat membantu Border dalam mengantisipasi serangan Neighbor. Border bisa mengatur strategi dalam menghadapi musuh yang kuat berkat Side Effect milik Amo.

8. Yotaro Rindo – Bicara dengan Hewan

Via Toei Animation

Berdasarkan tulisan extra di volume 3, Yotaro punya Side Effect yang membuatnya bisa berbicara dengan binatang. Makanya ia bisa menyuruh Raijinmaru melakukan berbagai macam hal.

Saat ini kekuatan Side Effect Yotaro baru terlihat saat ia bicara dengan Raijinmaru. Mungkin kedepannya kita bisa melihatnya bicara dengan hewan lain.

9. Yomi – Multitasking

Karakter World Trigger yang punya Side Effect selanjutnya adalah Yomi, seorang Neighbor asal Negara Galopoula. Yomi belum muncul di anime, tapi sudah di manga. Ia punya Side Effect bisa melakukan multitasking dengan sempurna.

Ia bisa mengendalikan banyak pasukan trion sekaligus dengan gerakan petarung. Kekuatan ini sangat mrepotkan pasukan Border.

Nah, itulah 9 karakter World Trigger yang punya Side Effect sejauh ini. Mana favoritmu?

Haris Syukri

Sedang belajar mengedit tulisan di Mariviu.