6 Serial TV Gratis (dan Legal) di Youtube

nonton film dan serial tv gratis di youtube

YouTube tak melulu soal konten prank, talkshow, atau video klip, deretan serial TV ini bisa menjadi hiburan tatkala di rumah saja.

Konten on-demand, terutama video, kian menjadi favorit saja belakangan ini. Menurut laporan Wall Street Journal, dikutip dari Fortune, terjadi peningkatan 10 kali lipat penonton dalam kurun waktu 2012-2017. Tak heran, mengingat salah satu sifatnya yang bisa ditonton menyesuaikan waktu kita, bukan sebaliknya seperti televisi. Makin terasa dong buat yang sudah kerja?

Makin banyaknya penonton menjadikan konten kreator pun tumbuh pesat. Sayang, di Indonesia sendiri video trending-nya tak jauh-jauh seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, talkshow, video klip, dan prank. Padahal beberapa dari kita, termasuk saya, menginginkan serial fiksi.

Nah ga perlu khawatir, terutama yang ga bisa langganan Netflix dengan alasan apapun, saya pilihkan enam channel/ tayangan fiksi yang beberapa di antaranya bisa buat nostalgia, biar selama di rumah saja ga jadi gila.

1. GI Joe

serial tv gratis di youtube
YOO JOEE

It’s soo America (in the 80’s). Buat Anda yang suka dengan film militer/ fiksi ilmiah buatan Amerika Serikat pada dekade 80-an. serial GI Joe tentu tak boleh terlewat. Hadir di kanal Hasbro, aksi Gung-Ho, Snake Eyes, Scarlett, serta geng Joe lainnya kontra pasukan teroris Cobra bisa dinikmati baik lewat livestream maupun episode terpisah.

Saya pribadi sebenarnya tidak terlalu punya memori terhadap serial ini. Mungkin hanya GI Joe Extreme yang tidak terlalu saya perhatikan sewaktu kecil dulu, atau dua film GI Joe (yang makin ga jelas pada sekuelnya). Tapi mungkin saya akan coba nonton, mengingat di komiknya ada event crossover dengan jagoan Hasbro lain, seperti Transformers, M.A.S.K, dan Action Man.

2. Transformers Cyberverse

More than meets the eye!

Masih berhubungan dengan Hasbro, kali ini kita coba lirik Transformers Cyberverse, serial dengan durasi 10 menit-an per episode yang sepertinya lebih cocok buat anak-anak atau keponakan.

Pun demikian kalau Anda suka dengan G1, tidak ada salahnya nonton bareng mereka, karena desain karakternya menurut saya cukup acceptable buat saya pribadi, tidak seperti serial Robots in Disguise yang menurut saya terlalu kekanak-kanakan.

Hingga kini terdapat tiga season, dengan beragam fokus cerita seperti perjalanan BumbleBee mengembalikan ingatannya atau konfrontansi Autobot dengan Megatron ala serial kartun pertamanya.

3. Nickelodeon Bahasa

Akankah Mermaid Man dan Barnacle Boy Lolos Dari Masalah?

Sebenarnya kanal Nickelodeon Global bisa juga diakses di Indonesia. Baik itu maupun Nickelodeon Bahasa sebenarnya sama-sama hanya menampilkan cuplikan dari serial-serialnya, seperti SpongeBob SquarePants dan Rise of Teenage Mutant Ninja Turtles. Tapi ada satu kelebihan untuk kanal lokal Nick, yakni livestream SpongeBob, cocok sebagai alternatif kalau sedang tidak menonton TV.

4. Gundam

Gandaminfo

Nampaknya sudah agak segmented. Yap, serial animasi robot memang bukan buat semua orang, apalagi seperti Gundam yang beberapa judulnya kental dengan intrik politik. Kalau Anda suka meribetkan diri dengan hal-hal tersebut, ada beberapa serial yang bisa dinikmati gratis seperti Gundam 00, Gundam Seed Destiny, dan Gundam Unicorn. Ada juga tontonan lebih ringan seperti Gundam Build Fighters dan Divers, serta beberapa video feature tentang proses pembuatan patung Gundam RX-78 di Odaiba, Jepang.

Oiya sekadar tambahan informasi, beberapa title di atas sangat mungkin di-private untuk digilir dengan serial lain. So, segera marathon tontonan kesayangan Anda sebelum “hilang”, jangan seperti saya yang belum selesai nonton Gundam Zeta tapi sekarang sudah disembunyikan oleh admin, entah kapan akan muncul lagi.

5. TOEI Tokusatsu World

Harapan adanya subtitle yang tinggal menjadi angin..

Siapa yang ga senang 80 persen kenangan masa kecil dihadirkan kembali ke YouTube? Yap, TOEI nampaknya serius menemani masa karantina kita dengan 70 serial TV (serta ada film Kamen Rider Shin) yang menjadi bagian dari masa kecil kita atau mungkin bapak ibu serta kakek nenek kita, mengingat ada judul seperti National Kid, tokusatsu hitam putih tahun 1960!

Harapan itu sirna setelah satu minggu karena tak lebih dari 10 judul diupdate tiap pekan, seperti Winspector, Combattler V, termasuk National Kid. Masih mending kalau diberi subtitle, ini tidak ada sama sekali! Kalau memang ditujukan untuk Jepang okelah, tapi embel-embelnya udah ada World, yang mana sangat disayangkan.

6. Ultraman Official

serial tv di youtube
TETET TEREEEET

Berbeda dengan TOEI Tokusatsu World, Ultraman Official memang ditujukan baik untuk pemirsa Jepang maupun dunia. Selama masa pandemi, kanal resmi ini menyajikan konten Stay at Home With Ultraman dengan sajian mingguan satu episode random dari beberapa judul, seperti Ultraman klasik, Ace, serta Max, dengan subtitle Bahasa Inggris.

Untuk yang pede dengan kemampuan pemahaman Bahasa Jepang, bisa coba menikmati beberapa Ultraman klasik seperti 80, Nexus, Ginga, atau ensiklopedia kaijuu legendaris waralaba karya Eiji Tsuburaya ini.

Itu tadi enam serial TV yang bisa dinikmati secara gratis di YouTube, tentu ada tapinya, seperti konten yang digilir atau ketiadaan subtitle. Yah setidaknya bisa jadi alternatif menarik ketimbang nonton di situs streaming ilegal? Hitung-htung mendukung kreator aslinya mengingat akses DVD original juga susah di Indonesia.