fbpx

Mengenal Jenis dan Kekuatan Infinity Stones di Marvel Cinematic Universe

kekuatan Infinity Stones

Sebelumnya kami peringatkan kalau artikel ini mengandung spoiler film Avengers: Infinity War.

Dengan keenam Infinity Stones di Infinity Gauntlet-nya Thanos memiliki kekuatan bak tuhan. Ia bisa melenyapkan setengah kehidupan di alam semesta hanya lewat satu jentikan jarinya. Ini membuat kita penasaran sebenarnya seberapa kuat Infinity Stones itu. Buat kamu yang lupa atau kurang paham mengenai asal-usul, jenis dan kekuatan Infinity Stones, tenang saja, karena kali ini Mariviu akan membahasnya dalam tulisan berikut ini.

fakta tentang thanos

Thanos dengan Infinity Stones lengkap Via Marvel

Asal-usul Infinity Stones

Di film Guardians of the Galaxy, Star-Lord dan teman-teman berhasil “membungkus” Power Stone dan lalu mengetahui tentang rahasia dan kekuatan Infinity Stones lewat The Collector. Diceritakan kalau sebelum penciptaan, ada enam keistimewaan dan ketika Big Bang terjadi, yang menyebabkan terciptanya alam semesta, sisa keenam keistimewaan itu menjadi enam buah batu istimewa yang disebut Infinity Stones.

kekuatan power stone

Para Guardians menyaksikan kekuatan Infinity Stone Via MCU Wikia

Simpelnya, Infinity Stones adalah enam batu berkekuatan dahsyat yang memiliki hubungan dengan berbagai aspek di alam semesta. Keenam Infinity Stones diciptakan oleh Cosmic Entities atau entitas yang sangat kuat dan misterius yang ada di alam semesta.

Tidak semua orang bisa meneyentuh dan menggunakan Infinity Stones secara langsung. Untuk memanfaatkan kekuatannya, keenam batu tersebut disimpan terlebih dahulu ke dalam sebuah wadah, seperti Tesseract (Space Stone) dan Orb (Power Stone)

Jenis dan Kekuatan Infinity Stones

1. Space Stone

kekuatan Infinity Stones

Tesseract di tangan Red Skull Via MCU Wikia

Space Stone adalah Infinity Stones pertama yang muncul di Marvel Cinematic Universe, yaitu di film Captain America: The First Avenger. Kekuatan Infinity Stones yang satu ini meliputi kemampuan memanipulasi ruang sehingga penggunanya dapat memiliki akses ke semua tempat yang ada di alam semesta. Seperti portal yang dibuka oleh Loki di film The Avengers dan juga portal yang digunakan oleh Thanos untuk memburu Infinity Stones.

Ketika pertama kali muncul, batu yang berwarna biru ini tersimpan di dalam Tesseract yang berbentuk kubus. Tesseract terbuat dari suatu element yang bisa digunakan untuk membuat berbagai macam senjata.

Tesseract membuat manusia bisa menggunakan kekuatan Space Stone. Hanya saja kekuatan dahsyat di dalam Tesseract tetap memberikan efek samping kepada manusia jika terlalu lama berinteraksi langsung, seperti yang terjadi pada Red Skull.

Thanos merebut Space Stones dari tangan Loki di awal film Avengers: Infinity War.

2. Mind Stone

kekuatan Infinity Stones

Mind Stone terlepas dari The Scepter Via MCU Wikia

Mind Stone muncul pertama kali di film The Avengers. Kala itu batu berwarna kuning ini disimpan di dalam tongkatnya Loki, The Scepter. Karena tongkat tersebut didapat dari Thanos, bisa dibilang kalau Thanos sempat memiliki Mind Stone sebelum Infinity War.

Mind Stone memiliki kekuatan mental yang sangat kuat. Si pemilik bisa menaklukkkan dan mempengaruhi mental orang lain, seperti yang dilakukan Loki kepada penduduk kota Stuttgard dan Hawkeye di film The Avengers. Batu ini juga meningkatkan kecerdasan pemiliknya.

Setelah Loki kalah di New York, tongkat itu dipegang oleh S.H.I.E.L.D yang kemudian diselundupkan oleh mata-mata ke Hydra. Seperti Tesseract yang bisa digunakan untuk menciptakan senjata, The Scepter yang berisi Mind Stone digunakan untuk “menciptakan” Pietro dan Wanda Maximoff.

Bentuk asli Mind Stone terkuak di Avengers: Age of Ultron setelah Ultron menghancurkan The Scepter untuk menciptakan Vision dengan Mind Stone. Untungnya Thor menghidupkan Vision terlebih dahulu dan mempercayakan Mind Stone kepada android tersebut. Vision membuktikan kalau andoid menjadi salah satu sosok yang bisa menggunakan Infinity Stones.

Mind Stone adalah Infinity Stones terakhir yang direbut oleh Thanos di Infinity War, setelah ia membunuh Vision.

3. Reality Stone

kekuatan Infinity Stones

Reality Stones dalam Aether Via MCU Wikia

Reality Stones muncul di MCU pertama kali dalam film Thor: The Dark World. Kontainer salah satu infinity Stone ini disebut dengan Aether yang berujud cair dan berwarna merah. Aether bisa masuk ke dalam tubuh makhluk hidup dan memberikan kekuatan seperti membengkokkan realita, kekuatan super, dan kemampuan mempengaruhi semesta sekehendak hati.

Aether rencananya akan digunakan oleh Malekith untuk menciptakan kegelapan di Sembilan Alam. Rencana jahat tersebut berhasil digagalkan oleh Thor dan mantan pacarnya, Jane Foster.

Sama seperti Tesseract, Aether yang berisi infinity Stone akan berdampak buruk jika digunakan langsung oleh manusia biasa, seperti yang dialami oleh Jane Foster ketika menjadi inang Aether. Ia mendapatkan penyakit yang hampir saja membunuhnya.

Setelah berhasil mengamankan, di post credit scene Thor: The Dark World, Asgardians memberikan Reality Stone kepada The Collector dengan alasan menyimpan dua Infinity Stones di Asgard terlalu beresiko.

Di Infinity War, Thanos merebut Reality Stone dari tangan Taneleer Tivan, The Collector, di Knowhere.

4. Power Stone

teori kekuatan infinity stones

Star-Lord dan Ronan berebut Power Stone di Guardians of the Galaxy Via MCU Wikia

Power Stone muncul pertama kali di film Guardians of the Galaxy dan terkandung di dalam Orb. Infinity Stone yang berwarna ungu ini dapat dibilang sebagai sumber kekuatan yang dahsyat. Pemiliknya akan diberikan kekuatan fisik yang bisa memanipulasi energi. Bahkan jika dimanfaatkan sepenuhnya, pemiliknya bisa menghancurkan satu planet.

Thanos menyuruh Ronan untuk mencari Power Stones di planet Morag yang kemudian lebih dahulu diambil oleh Star-Lord. Awalnya Star-Lord ingin menjual batu ini kepada The Collector. Namun, setelah mengetahui bahaya kekuatan Power Stone, mereka memilih untuk memberikan batu itu ke Nova Corps di planet Xandar.

Sebagai manusia setengah Celestial Being, Star-Lord mampu memegang Power Stone dalam waktu yang terbatas ketika membunuh Ronan dengan kekuatan batu itu.

Power Stone adalah infinity Stone pertama yang berhasil dikumpulkan oleh Thanos setelah (mungkin) menghancurkan Nova Corps di Xandar.

5. Time Stone

kekuatan time stone

Dr. Strange menggunakan Eye of Agamotto Via Screenrant

Time stone muncul pertama kali di film Dr. Strange. Yang menjadi kontainer Infinity Stone berwarna hijau ini adalah Eye of Agamotto, artefak kuno yang diciptakan oleh Agamotto, Sorcerer Supreme pertama. Di MCU, Dr. Strange adalah orang pertama yang menggunakan Time Stone setelah disimpan di Kamar-Taj.

Jika pemiliknya memiliki pengetahuan dan skill mumpuni, Time Stone dapat memberikan kekuatan untuk mengatur alur waktu, seperti mengembalikan keadaan seperti semula, mengulang-ulang waktu dan melihat kemungkinan masa depan.

Dr. Strange mampu memutar dan mengulang-ulang waktu dengan menggunakan Time Stone ketika melawan Kaecilius dan Dormammu. Ia juga mampu membaca kemungkinan masa depan sebanyak lebih dari 14 juta kali sebelum melawan Thanos. Namun, Wong menyebutkan kalau memanipulasi alur waktu sangatlah berbahaya karena bisa menciptakan alur waktu baru dan dunia paralel.

Walaupun ia manusia, Dr. Strange terbukti mampu memegang Infinity Stones layaknya sosok kuat seperti Thanos berkat ilmu mistis yang dikuasainya.

Strange terpaksa menyerahkan Time Stone kepada Thanos untuk menyelamatkan nyawa Tony Stark di film Infinity War.

6. Soul Stone

Soul Stone adalah Infinity Stones yang paling misterius. Di MCU, sedikit informasi mengenai batu ini terdapat di buku kuno yang dibaca oleh Wong. Wong menyebutkan kalau kekuatan Infinity Stones yang satu ini adalah yang paling berbahaya.

Gamora yang tahu akan hal ini mengkhianati Thanos dengan menyembunyikan keberadaan Soul Stone. Tapi akhirnya Thanos berhasil membuatnya mengaku dan pargi ke planet Vormir untuk mengambil batu itu. Thanos harus mengorbankan jiwa orang yang disayanginya jika ia ingin mendapatkan Soul Stone.

Thanos membunuh Gamora, anak tirinya, dengan ganjaran mendapatkan Soul Stone. Ada teori yang menyebutkan kalau setiap jiwa yang terkena dampak Soul Stone akan terperangkap di dalam dimensi batu itu.

Itulah asal usul dan jenis kekuatan Infinity Stones yang pernah diperlihatkan di film-film MCU. Avengers: Infinity War bagian 2 direncanakan akan tayang tahun depan.

Sedang belajar mengedit tulisan di Mariviu.