Akhir Manis Samurai Jack dalam Versi Blu-Ray

Masih ingat dengan kartun epic bertema fantasi dari Cartoon Network yang dulu pernah ada tayang di Indonesia? Yap, Samurai Jack akhirnya menamatkan season terakhirnya dan sudah hadir dalam bentuk Blu-Ray.

Samurai Jack merupakan salah satu kartun dari Cartoon Network, pertama kali tayang di Cartoon Network pada 10 Agustus 2001. Dengan ide-ide brilian dan belum pernah ada sebelumnya, dari segi cerita yang serius tanpa melupakan unsur humornya, seri ini berhasil menjadi salah satu kartun yang memiliki penggemar di Amerika, bahkan seluruh dunia.

Kesuksesan kartun ini dibarengi dengan berbagai macam penghargaan yang didapatkan, seperti 8 kali menang Primetime Emmy Award (penghargaan tertinggi untuk program prime time Amerika), salah satunya memenangkan Program Animasi Terbaik. Selain itu, Samurai Jack juga memenangkan 6 Annie Award, penghargaan untuk animasi-animasi terbaik.

Samurai Jack merupakan film yang menceritakan tentang seorang samurai tanpa nama yang berusaha untuk mengalahkan Aku, iblis jahat yang menguasai dunia. “Jack” lahir dari keluarga samurai pada zaman feudal Jepang yang mempunyai pedang yang diturunkan turun temurun untuk mengalahkan Aku. Ketika hampir mengalahkan Aku, Aku membuka portal waktu dan mengirim Jack ke masa depan dimana Aku menguasai dunia. Jack akhirnya mencari cara untuk kembali ke masa lalu dan mengalahkan Aku.

Aku in Samurai Jack

@CartoonNetwork

Ada yang menarik dari penayangan Samurai Jack. Season 1-4 ditayangkan pada tahun 2001 sampai 2004. Akan tetapi, ketika Genndy Tartakovsky (Kreator Samurai Jack yang juga dikenal atas kesuksesannya dalam membuat Dexter’s Laboratory) kehabisan ide, dia mengambil rehat sejenak untuk mencari ide baru petualangan Jack.

Butuh waktu 15 tahun bagi Ganndy untuk kembali membawa Jack ke layar TV. Penantian ini sudah lama ditunggu oleh pengemar series ini, karena pada awalnya banyak yang menyangka Genndy tidak akan bisa mengakhiri cerita Jack dan Aku. Akhirnya, Season ke-5 dan terakhir tayang di Toonami pada 11 Maret 2017 sampai 16 Mei 2017.

Genndy Tartakovsky

@CartoonBrew

Joshua Yehl dari IGN mengapresiasi season kelima ini yang lebih dewasa, menghadirkan konten yang kuat, penuh darah dan emosional. Dia membahas, “Season akhir dari Samurai Jack menghadirkan bagian akhir yang dewasa, kuat, serta akhir yang pas untuk mengakhiri series ini.”

Mengikuti kesuksesan season finalnya, The Cartoon Network Inc. menghadirkan versi Blu-Ray yang juga menghadirkan versi remastered dari 4 season sebelumnya. Versi Blu-Ray ini menghadirkan lima season Samurai Jack dengan kualitas Blu-Ray serta 22 track music yang ditampilkan dalam season 5. Selain itu, Adult Swim juga menampilkan bonus content, behind the scene extra, serta dokumenter spesial. Versi Blu-Ray ini sudah dikeluarkan sejak 17 Oktober lalu.

Samurai Jack Blu-Ray Edition

@AdultSwim

Berusaha untuk menarik penggemar baru, dengan tetap mempertahankan pengemar lama yang sudah menunggu bertahun-tahun untuk episode final, Samurai Jack menghadirkan versi Blu-Ray yang memberikan kesempatan kepada fans untuk melihat versi HD serta akhir yang manis petualangan Jack menyelesaikan tugasnya.

Padli Nurdin

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.