Categories
Entertainment Game News

Update Pokemon GO – Seragam baru untuk semua player

Update Pokemon GO diumumkan melalui Twitter official
Logo Pokemon GO via Wired.com

Game besutan Niantic Labs yang booming 2 tahun belakangan ini mengumumkan update Pokemon GO terbarunya berupa seragam baru bagi para pemain. Update tersebut diumumkan di akun Twitter official game Pokemon GO pada tanggal 2 Februari melalui pernyataan berikut:

Ya, seperti yang tertera dalam pernyataan di akun Twitternya, ada sedikit usaha untuk mendapatkan set seragam baru tersebut. Niantic menyatakan bahwa para Trainer dapat mengganti pakaian untuk avatar-nya setelah mereka memperoleh beberapa medali yang akan membuka pakaian-pakaian baru tersebut. Medali dapat diperoleh dengan menyelesaikan quest tertentu, menangkap pokemon tertentu, atau mencapai target tertentu; misalnya, berjalan sepanjang jarak tertentu, atau mengunjungi Pokestop tertentu. Semakin tinggi pencapaian trainer, maka semakin bagus medali yang didapatkannya. Rentang medali tersebut terbagi menjadi 3 tingkatan, yaitu: Bronze, lalu Silver, dan kemudian Gold.

Pakaian seragam baru yang ditambahkan dalam update Pokemon GO ini ialah Battle Girl, Jogger, dan Fisherman. Pakaian Battle Girl merupakan seragam yang terlihat seperti pakaian olah raga perempuan yang terdiri dari sport bra, celana pendek spandex di atas lutut, dan juga sepasang sarung tangan bertema Pokemon.

The Jogger merupakan seragam laki-laki yang terlihat sangat sporty yang mana terdiri dari kacamata hitam, rompi spandex dengan ritsleting, celana pendek ketat seperti celana olahraga sepeda, sepasang sneakers dengan warna yang matching dengan celananya. Sementara itu, pakaian Fisherman benar-benar terlihat seperti pakaian seorang pria pemancing yang sering digambarkan di film dan kartun-kartun. Set pakaian ini terdiri dari topi bertema Pokemon, rompi pemancing dengan 4 saku, celana kargo, dan tentunya sepasang sepatu boots hampir setinggi lutut.

BACA JUGA  Wiro Sableng 212, Kehadiran Kembali Dunia Persilatan Bastian Tito

Nampaknya ini tidak hanya cara Niantic untuk memberi hadiah atas pencapaian para pemain Pokemon Go, tapi ini juga cara mereka dalam memberi variasi visual baru pada pemain untuk mengubah-suai penampilan avatar-nya. sayangnya, tidak seperti yang diharapkan beberapa pemain, pakaian baru tersebut tidak berlaku untuk gender berlawanan. Artinya pemain dengan avatar perempuan tidak akan bisa memperoleh pakaian Jogger, dan pemain dengan avatar laki-laki tidak akan bisa memperoleh pakaian Battle Girl.

Beberapa pemain mengomentari hal ini di postingan update Pokemon GO tersebut melalui akun Twitter mereka, berikut kata mereka:

@LeaderMedea: I would LOVE these sport sunglasses for my little girl 🙁

@Starsnscars: Why are the Joggers and Fisherman items not available for the female avatar?

@Qishtress: So it’s a gender thing I see. If I switch my avatar to a man, I have two more options. Erma. How about no?

Pokemon GO merupakan game berbasis GPS yang marak dua tahun belakangan
Ilustrasi Pokemon GO via Gameranx

Namun, dengan fakta banyaknya game RPG yang menyediakan set pakaian untuk kedua gender dimana hanya membutuhkan sedikit perubahan pada teksturnya, tentu saja tidak tertutup kemungkinan bagi Niantic Labs untuk mengembangkan jenis pakaian yang bisa diperoleh bagi kedua gender avatar mereka. Mungkin salah satu alasan yang memungkinkan itu terjadi adalah jika saja banyak pemain yang meminta hal tersebut secara khusus pada tim Niantic. Karena, kepuasan pemain adalah prioritas utama bagi semua game developer, kan?

By Haris Quds

Mahasiswa pascasarjana Kajian Wilayah Amerika di salah satu universitas di Indonesia.
Mulai menyelami buku-buku sejak SMP diawali dari novel Lupus dan kemudian kuliah S1 di jurusan Sastra.
Aktif meresensi buku melalui Instagram dan Youtube.

Leave a Reply