Categories
Drakor Review Serial TV

Review Serial Squid Game (2021): Kisah Survival yang Emosional

Serial Squid Game merupakan iterasi orisinil terbaru dari Netflix bertemakan survival game setelah sebelumnya sukses dengan Alice in Borderland. Serial asli dari Korea Selatan ini menggabungkan thriller dengan sedikit drama dan tentu saja simbolis hirarki kelas yang cukup menawan.

Serial ini fokus pada seorang pengangguran, Ki Hoon (Lee Jung Jae) yang diundang untuk ikut di dalam sebuah permainan survival dengan hadiah yang sangat menggiurkan. Sama seperti dirinya, semua orang yang ikut dalam permainan tersebut merupakan orang-orang yang sedang terlilit hutang.

Park Hae Soo, Lee Jung Jae, Jung ho-yeon
via Netflix

Selain Ki Hoon, ada pula Sun Woo (Park Hae Soo), teman masa kecilnya yang merupakan lulusan universitas ternama di Korea yang ternyata memiliki hutang hingga milyaran won. Termasuk seorang gadis bernama Sae-byeok (Jung Ho-yeon) yang merupakan pelarian dari Korea Utara dan terjebak di Korea Selatan bersama adiknya.

Dengan total 456 peserta di mana setiap peserta yang gugur dihargai 100 juta won, membuat total hadiah yang dipertaruhkan menjadi 45,6 miliar won. Selama enam hari, mereka harus memainkan enam permainan tradisional atau permainan anak-anak Korea Selatan dan diakhiri dengan permainan berjudul Squid Game.

Bawa permainan anak-anak Korea Selatan

Cerita Squid Game fokus pada permainan anak-anak yang biasa dimainkan di Korea Selatan. Namun bagaimana jika permainan yang tadinya digunakan untuk bersenang-senang menawarkan hadiah yang menggiurkan dan siapa pun yang kalah harus dibunuh?

Cerita yang kompleks serta dibarengi dengan thriller yang menegangkan di setiap episode membuat serial ini patut jadi daftar tontonan kamu. Misteri demi misteri disajikan pada setiap episode, dipadukan dengan akhir yang menggantung, mengundang binge-watching untuk menonton 10 episode tanpa henti.

peserta Squid Game
via Netflix

Kesan misterius dan menegangkan tersaji dari episode pertama hingga pertengahan musim. Sayangnya hal berbeda terlihat pada paruh kedua yang terasa lambat dan terlalu lama. Sepertinya untuk memberikan ruang pada emosi yang lebih dalam pada karakter di dalam cerita.

BACA JUGA  Review Stranger Things Season 2 (2017): Pubertas dan Serangan Makhluk Upside Down

Tone dibuat gelap dengan backsound yang cukup bikin merinding mengalun sepanjang cerita. Darah berhamburan, meski serial ini tak dibuat gore jika dibandingkan dengan Alice in Borderland. Kematian demi kematian mengikuti, walaupun tidak ada yang terlalu mengejutkan atau tiba-tiba.

serial Squid Game dari Netflix
via Netflix

Yang membuat serial ini menarik adalah sebagian besar karakter yang ada mendapatkan latar belakang dan penjelasan bagaimana mereka harus bertaruh nyawa untuk mengikuti permainan ini. Memberikan keterikatan emosional yang cukup baik sepanjang alur cerita.

Penampilan meyakinkan terlihat pada Ho-yeon yang memerankan Sae-byeok. Memulai modelling pada usia 16 tahun, ia tampil brilian dengan pandangan yang tajam dan kesan introvert, walaupun serial Squid Game merupakan debut akting pertamanya.

Jung he-yeon
via Netflix

Karakter pendukung lainnya juga mendapatkan porsi yang pas untuk keseimbangan cerita. Dan selain Lee Jung Jae dan Park Hae Soo yang memang dikenal sebagai aktor kawakan di Korea Selatan, ada banyak nama besar yang tampil sebagai cameo di serial ini.

Kisah klasik survival game

Genre survival memang tak asing lagi. Apalagi Squid Game juga memancarkan vibe yang hampir sama dengan Battle Royale, film yang dibuat berdasarkan komik di mana anak-anak sekolah harus bertarung di pulau terpencil dan saling membunuh satu sama lain.

Dari segi cerita, alur yang ditawarkan juga tak ubahnya seperti konsep survival lainnya di mana orang-orang yang berkuasa menjadikan mereka yang lemah sebagai permainan untuk saling mengalahkan demi hadiah.

serial Squid Game
via Netflix

Tapi serial ini (sedikit) membawa nuansa baru. Serial Squid Game awalnya ditujukan untuk orang-orang yang tertindas di dunia nyata. Di mana semua permainan yang dilakukan dibuat seadil mungkin; mereka tidak tahu apa permainan yang akan mereka mainkan berikutnya.

BACA JUGA  Review Serial Sex Education (2019) - Blakblakan, Lucu, dan Relevan

Ada kritik sosial dan pesan persaingan antar kelas yang terlihat. Permainan ini dikendalikan oleh panitia, dijaga dan diatur oleh prajurit bersenjata, lalu peserta yang harus memainkan permainan yang dipilih. Ada pula tiga ikon (bulat, segitiga, dan persegi) pada topeng penjaga yang melambangkan kelas prajurit dalam permainan tersebut.

prajurit berbaju pink
via Netflix

Permainan emosi terjalin dari episode pertama hingga akhir cerita. Sayangnya tidak ada plot yang terlalu mengejutkan untuk membuat serial ini semakin mengesankan. Apalagi dengan ending khas Netflix; akhir yang menggantung seolah mempersiapkan serial ini pada musim kedua.

Meski tak ubahnya seperti game survival lainnya, serial Squid Game memberikan kesan unik dan berdarah-darah dengan karakter yang beragam dan penuh warna. Setiap episode menghadirkan misteri dan twist, hanya saja masih kehilangan bumbu ekstrem yang mampu membuatnya spesial.

Genre: Thriller, Drama

Sutradara: Dong-hyuk Hwang

Penulis: Dong-hyuk Hwang

Pemeran: Hae-soo Park, Jung-jae Lee, Hoyeon Jung

Rekomendasi Serial TV
7/10

Summary

Meski tak ubahnya seperti tema survival lainnya, serial Squid Game memberikan kesan unik dan berdarah-darah dengan karakter yang beragam dan penuh warna. Setiap episode menghadirkan misteri dan twist, hanya saja masih kehilangan bumbu ekstrem yang mampu membuatnya spesial.

By Padli Nurdin

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.

One reply on “Review Serial Squid Game (2021): Kisah Survival yang Emosional”

Leave a Reply