logo Ms Marvel
Review, Serial TV

Review Ms. Marvel Episode 3 (2022): Superhero dari Bangsa Jin?

Ms. Marvel episode 3 menampilkan berbagai informasi yang membuat Kamala Khan di Marvel Cinematic Universe jauh berbeda dibandingkan dengan versi komiknya. Masih dibalut dengan representasi budaya dan agama yang membuatnya tetap menyenangkan untuk dinikmati.

Sinopsis Ms. Marvel Episode 3

Setelah diselamatkan oleh keluarga Kamran (Rish Shah), Kamala (Iman Vellani) menyadari bahwa ia dan keluarganya merupakan bagian dari bangsa Djinn dan berasal dari dimensi Noor. Ibu Kamran meminta pertolongan Kamala mengembalikan mereka ke dimensi Noor menggunakan gelang yang digunakan oleh Kamala.

Kamala Khan di Ms Marvel episode 3
via Disney+

Kamala yang kebingungan pun menceritakan hal tersebut kepada Bruno (Matt Lintz). Sementara itu, pernikahan kakaknya, Amir (Saagar Shaikh) membuatnya harus menepikan masalah keluarga Kamran dan dimensi Noor.

Keluarga Kamran yang tak sabaran akhirnya menyerang Kamala di tengah pesta pernikahan. Kamran yang tidak terima pun membantu Kamala dan bertarung menghadapi keluarganya sendiri.

Lebih banyak build-up cerita

Dari segi cerita, kekuatan episode kali ini sepertinya jauh berkurang dibandingkan dengan dua episode sebelumnya. Walaupun ada lebih banyak informasi baru yang disampaikan di sepanjang cerita.

Jika dua episode pertama menawarkan narasi yang bergerak cepat, kali ini penonton dibuat sedikit tertahan dengan pace yang lebih lambat. Lebih banyak bertindak sebagai build-up, mempersiapkan penonton ke plot yang lebih padat di episode keempat nantinya.

Kamala Khan dan Abdullah
via Disney+

Episode ini juga menggali lebih dalam mengenai identitas dan hero’s journey Kamala dengan cara yang mirip dengan Spider-Man; bahwa menjadi seorang superhero tak seindah yang dibayangkannya. Apalagi Kamala tumbuh dari keluarga Pakistan dengan lingkungan yang jauh berbeda di New Jersey.

Walaupun tak terlalu terlihat, eksplorasi karakter yang menarik juga menekankan versi lain dari kutipan khas Spider-Man,

“Baik itu bukan dirimu, Kamala. (Menjadi baik) adalah perbuatan yang kamu lakukan.”

Sheikh Abdullah, Ms. Marvel episode 2.

Chemistry yang apik juga diperlihatkan oleh Kamala dan Nakia (Yasmeen Fletcher) yang sama-sama mengalami perubahan drastis di kehidupan mereka. Dengan Nakia yang kecewa setelah dibohongi oleh Kamala, menarik untuk dilihat bagaimana interaksi kedua karakter ini di episode selanjutnya.

Kamala keturunan jin?

Dua episode pertama memperkenalkan Ms. Marvel sebagai salah satu serial coming-of-age superhero yang ringan dan penuh warna. Episode kali ini menghadirkan lebih banyak informasi baru mengenai jati diri dan latar belakang kekuatan Kamala.

Kamala diketahui merupakan bagian dari Clan Destines, atau dikenal juga dengan nama Djinn (Jin). Mereka merupakan makhluk yang dikeluarkan dari dimensi Noor dan mencoba untuk kembali ke rumah mereka menggunakan gelang yang digunakan oleh Kamala.

Kamala dan Najma
via Disney+

Keluarga Kamran yang menyelamatkan Kamala di episode sebelumnya ternyata bagian dari Clan Destines. Kamala mendapatkan keturunan Djinn dari nenek buyutnya, Aisha, yang menghilang tiba-tiba paska pemisahan Pakistan dan India yang terjadi pada tahun 1947.

Informasi ini tentunya sangat berbeda dibandingkan versi komiknya. Dimana Kamala merupakan bagian dari Inhuman, bangsa manusia dengan genetik yang sudah dimodifikasi oleh bangsa Kree.

Sepertinya Marvel lebih condong untuk menjadikan bangsa Kree sebagai pondasi narasi Kamala, dibandingkan tetap setiap dengan versi komiknya. Mengingat dalam semesta MCU, bangsa Kree sudah lebih dulu diperkenalkan dalam film Captain Marvel (2019). Sehingga koneksi Kamala dan Carol Danvers masih tetap bisa dipertahankan.

Kamala Khan
via Disney+

Namun di sisi lain, kemunculan Kamala sebagai bagian dari bangsa Djinn memang cukup diluar dugaan. Meski sebenarnya Djinn atau jin sangat erat kaitannya dengan kebudayaan Islam yang menjadi referensi serial ini. Sama halnya dengan kebudayaan Mesir kuno di Moon Knight (2022).

Clan Destine dan Djinn sebenarnya memiliki perbedaan yang cukup signifikan di Marvel Comics. Clan Destine sendiri merupakan sebuah keluarga superhero dengan sang ayah bernama Adam of Destine dan ibu bernama Elalyth dari bang Djinn.

Sebelumnya versi komik Marvel sudah pernah menampilkan berbagai karakter yang berasal dari bangsa Djinn. Bangsa Djinn disebut sebagai ras kuno dengan kekuatan sihir dan tubuh yang abadi.

Kembali fokus ke budaya Asia Selatan

Belum sampai setahun, Marvel sudah dua kali memperlihatkan tarian ala Bollywood di semesta Marvel. Yang pertama dari Kingo (yang sudah pernah direferensikan dalam episode sebelumnya), dan yang kedua adalah ketika Kamala dan keluarganya di pernikahan Aamir.

Ms Marvel episode 3
via Disney+

Tak ketinggalan bagaimana Meera Menon sebagai sutradara episode ini menghadirkan nuansa Bollywood melalui lagu berjudul ‘Yeh Mera Dil’, diambil dari film Don yang dibintangi Amitabh Bachchan. Dimainkan oleh band bernama Brown Jovi, representasi band rock fenomenal yang berasal dari New Jersey.

Apalagi di akhir episode dijelaskan bahwa Nanni, nenek Kamala juga menyebutkan bahwa ia juga menerima penglihatan tentang kereta api dan sosok nenek buyut Kamala. Hingga ia menyuruh Kamala untuk bergegas ke Pakistan.

Progresi plot yang hampir sama dengan Moon Knight, dimana Steven Grant kembali ke Mesir untuk membawa penonton lebih dekat dengan Khonshu dan kebudayaan Mesir. Dan perubahan setting ke Pakistan tentunya akan memberikan lebih banyak informasi mengenai keluarga Kamala dan hubungannya dengan bangsa Djinn.

Yusuf Khan dan Bruno
via Disney+

Menggunakan bangsa Djinn sebagai latar keluarga Kamala juga menambah keunikan Ms. Marvel yang semakin erat dengan budaya Islam. Menjadi komedik dimana Kamala bergumam bahwa ia sering ketakutan karena penceritaan jin yang menyeramkan dari keluarganya.

Ms. Marvel episode 3 kembali memberikan pengalaman menyenangkan dalam representasi Islam dan budaya Bollywood yang otentik. Tetap menghibur, walaupun narasi dan pengembangan plot yang tertahan mengingat episode kali ini lebih banyak bertindak sebagai batu loncatan untuk segala hal yang lebih besar di episode selanjutnya.

Genre: Aksi, Komedi

Kreator: Bisha K Ali

Pemeran: Iman Vellani, Matt Lintz, Rish Shah

Rekomendasi TV Series
7.5/10

Summary

Ms. Marvel episode 3 kembali memberikan pengalaman menyenangkan dalam representasi Islam dan budaya Bollywood yang otentik. Tetap menghibur, walaupun narasi dan pengembangan plot yang tertahan mengingat episode kali ini lebih banyak bertindak sebagai batu loncatan untuk segala hal yang lebih besar di episode selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *