Review Mission: Impossible – Fallout (2018) – Film Aksi Terbaik Tahun Ini

review Mission: Impossible - Fallout

Di tengah gempuran penggunaan CGI, Fallout muncul dengan gaya lama yang lebih mengedepankan efek praktikal dalam menampilkan berbagai adegan aksi yang pernah kita saksikan selama ini. Hanya saja semua aksi itu berhasil dibuat dalam versi terbaik yang dibalut dengan gaya khas film Mission: Impossible dan cerita mata-mata yang solid. Jelas kalau Mission: Impossible – Fallout adalah film aksi terbaik tahun ini.

Melalui arahan Christopher McQuarrie, Fallout yang mengedepankan penggunaan efek praktikal berhasil memberikan pengalaman menonton berbeda jika dibandingkan dengan film-film aksi zaman sekarang yang terlalu bergantung kepada CGI. Penggunaan CGI kerap menjadi bumerang dalam menampilkan adegan aksi yang menegangkan, terutama jika visual efek yang ditampilkan relatif jelek dan akting para pemerannya yang tidak meyakinkan.

Mission Impossible - Fallout

Tom Cruise dalam Mission Impossible – Fallout Via IMDB

Dengan minim CGI, Fallout menawarkan tampilan adegan laga yang lebih solid. Mulai dari adegan terjun bebas, kejar-kejaran mobil, hingga kejar-kejaran helikopter, terlihat sangat natural karena memang semuanya dilakukan sendiri oleh para pemerannya, terutama Tom Cruise yang tampil all-out. Bahkan ia sempat mematahkan engkelnya dalam salah satu stunt berbahaya.

Jika diumpamakan, semua adegan aksi dalam film ini seperti diadopsi dari berbagai film aksi terkenal seperti stunt berbahaya di Police Story, pertarungan jarak dekat di The Raid, dan John Wick, hingga car chase di Fast and Furious. Hanya saja, film ini berhasil menampilkannya dalam versi terbaik yang bisa dibuat oleh film Hollywood saat ini. Sebut saja adegan kejar-kejaran mobil yang lebih menegangkan dari franchise Fast and Furious dan koreografi pertarungan tangan kosong minim shaky cam yang dahsyat.

review Mission: Impossible - Fallout

Via IMDB

Tidak hanya menjual adegan aksi berbahaya tanpa CGI dan stunt double, Mission: Impossible – Fallout juga menyajikan cerita yang menarik. Walaupun memiliki premis yang mainstream, yaitu usaha Ethan Hunt (Tom Cruise), Benji (Simon Pegg), Luther (Ving Rhames), dan Ilsa (Rebecca Ferguson) dalam menyelamatkan dunia dari serangan bom nuklir, Fallout berhasil membawa penonton ke dalam cerita yang penuh lika-liku dan rahasia, khas film spionase.

BACA JUGA  Nicolas Cage Kembali ke Marvel Sebagai Pengisi Suara Spider-Man Noir

Kali ini yang mengancam dunia adalah turunan The Syndicate yang bernama The Apostles. Untuk menyelamatkan dunia, Ethan dan timnya harus bekerja sama dengan agen CIA, August Walker (diperankan dengan perkasa oleh Henry Cavill) dan komplotan kriminal yang dipimpin oleh White Widow (diperankan dengan sempurna oleh Vanessa Kirby).

review Mission: Impossible - Fallout

Henry Cavill dalam Mission: Impossible – Fallout Via IMDB

Cerita pejuangan Ethan dan timnya yang dipenuhi kejutan ini dijelaskan dalam dialog yang cukup rumit dan juga berisi. Karenanya, penonton harus fokus mengikuti setiap kalimat agar tidak tersesat di tengah jalan. Dialog-dialog ini kemudian diselingi dengan lelucon lucu yang ampuh serta adegan aksi menegangkan terbaik, membuat penonton betah mengikuti film ini dari awal sampai akhir.

Karakter wanita di film ini juga sangat menarik karena semuanya sangat tangguh dan kuat baik secara fisik maupun secara prinsip. Walaupun film ini penuh sesak dengan testosteron, semua karakter ini kerap mencuri perhatian.

review Mission: impossible - fallout

White Widow Via Screencrush

Tidak hanya itu, Rob Hardy sebagai sinematografer berhasil mempercantik semua adegan aksi menegangkan di film ini. Banyak adegan keren yang ditampilkan dengan pemandangan-pemandangan indah dari semua negara yang menjadi seting film. Tentunya sinematografi tersebut akan lebih indah lagi jika ditonton di IMAX.

Selain premis yang mainstream, kekurangan film ini mungkin terletak pada kurang digalinya sisi filosofis yang menjadi motif The Apostle. Untuk memahami motif tersebut, penonton harus menonton kembali salah satu prekuelnya, yaitu Mission: Impossible –Rogue Nation. Selain itu, hampir seluruh adegan terkeren di dalam film telah dibocorkan di dalam trailer. Jadi yang belum nonton trailernya akan sangat beruntung.

Terlepas dari semua itu, Fallout adalah film aksi spionase terbaik tahun ini atau bahkan mungkin untuk beberapa tahun ke depan. Semua itu tidak akan terjadi tanpa dedikasi seorang Tom Cruise karena tidak dipungkiri hanya dialah aktor yang bisa mewujudkan film ini.

BACA JUGA  Review Film Godzilla: King of the Monsters (2019): Dari Penggemar untuk Penggemar

Mission: Impossible – Fallout akan menjadi standar baru bagi film aksi Hollywood dan standar itu bernama “Tom Cruise”.


Sutradara: Christopher McQuarrie

Screenwriter: Christopher McQuarrie

Cast: Tom CruiseHenry CavillVing RhamesSimon PeggRebecca FergusonSean HarrisAngela BassettVanessa Kirby

Rating
  • Rating Film
4.5

Kesimpulan

Mission: Impossible – Fallout berhasil menampilkan versi terbaik dari berbagai adegan aksi yang pernah ditampilkan selama ini berkat penggunaan efek praktikal yang lebih dominan, penampilan menawan dari para cast dan cerita spionase yang penuh kejutan. Fallout adalah film aksi terbaik tahun ini.

Sending
User Review
4.5 (2 votes)
Haris Syukri

Sedang belajar mengedit tulisan di Mariviu.