Review Film Dora and the Lost City of Gold (2019) – Asyik! Live Action Rasa Kartun

Live Action Dora cukup berhasil!

review film dora the explorer live action

Film Dora and the Lost City of Gold adalah live-action yang diambil dari seri animasi Nickelodeon Dora the Explorer. Film live-action ini disutradarai oleh James Bobin, sutradara dari film Muppets Most Wanted dan Alice Through the Looking Glass.

Dora (Isabela Moner) menghabiskan sebagian besar hidupnya menjelajah hutan bersama orang tuanya. Sekarang Dora akan masuk sekolah menengah untuk pertama kalinya, ia harus terbiasa dengan cara hidup yang berbeda kali ini, yaitu pindah ke lingkungan kota dan keramaian yang tidak dapat di temukan di hutan. Namun, orang tua Dora tiba-tiba hilang ketika sedang eksplorasi Lost City of Gold, dan Dora harus berpetualang dengan bersama beberapa teman sekelasnya untuk menemukan apa yang terjadi pada orang tuanya. Untuk itu mereka harus menyelesaikan misteri di balik kota emas yang hilang. 

Eugenio Derbez, Nicholas Coombe, Isabela Moner, Madeleine Madden, dan Jeff Wahlberg di film Dora and the Lost City of Gold indonesia
Via IMDB

Ini adalah film yang menghibur untuk anak-anak yang akrab dengan versi animasi Dora the Explorer dan untuk orang tua yang juga mengetahui Dora. Film ini lebih menyenangkan bagi anak-anak, karena ceritanya dapat ditebak dan mudah diprediksi berkat elaborasi sederhana pada cerita untuk para penonton dewasa.

Live action rasa kartun

Film Dora and the Lost City of Gold terlihat seperti versi anak-anak dari film Indiana Jones atau Tom Raider. Penggemar serial animasinya juga dapat melihat atau mendengar petunjuk dan referensi tertentu dalam film ini yang dibuat sangat lucu dan penonton tidak akan menyangka bahwa adegan itu dapat terjadi di sebuah live action. 

ulasan film dora and the lost city of gold
Via IMDB

Keseluruhan cerita dan adegan dapat menghibur penonton semua umur. Ada beberapa adegan yang benar-benar mirip dengan kartunnya seperti ketika Dora bilang “Can you say map?” dan melihat kearah kamera. Pastinya ketika adegan ini dibawa ke live action membuatnya sangatlah lucu. Bagi yang hafal dengan kebiasaan Dora tentunya akan tertawa keras seketika seakan masuk momen-momen nostalgia kartun Dora yang telah lama tidak dilihat.

Bagi orang-orang yang tidak begitu akrab dengan serial animasi Dora, mungkin perlu membiasakan diri untuk memahami bagaimana dunia fiksi film ini bekerja karena banyak yang tidak logis terjadi di kehidupan nyata. Film ini benar-benar live action rasa kartun.

ulasan film dora live action
Via IMDB

Tak hanya untuk anak-anak

Visual efek film ini juga lebih ditujukan untuk mata anak-anak karena penonton dewasa dapat melihat dengan jelas kapan CGI atau layar hijau digunakan dalam film. Beberapa karakter CGI seperti Boots Dora, monyet yang bersahabat atau Swiper si rubah pencuri tampaknya juga kurang meyakinkan bagi penonton dewasa. Tapi, untuk anak-anak yang merupakan penggemar animasi, terutama yang akrab dengan karakter ini, mereka pasti sangat senang melihat mereka lagi di film.

Isabela Moner tampil bagus dalam sebagai Dora. Dia sangat mirip Dora tapi dalam versi live-action karena pakaian dan gaya rambutnya. Dengan aktingnya Isabela membawa film Dora and the Lost City of Gold tidak hanya bisa dinikmati anak-anak saja, tapi juga remaja. Dia juga tahu bagaimana mengisi film dengan tindakan dan reaksinya dalam film.

Via IMDB

Untuk penonton yang lebih tua, kehadiran Michael Peña mungkin bisa memberikan beberapa momen lucu. Tetapi sayang karena karakternya tidak mendapatkan durasi tayang yang cukup, jadi tidak banyak yang bisa dinikmati dari karakter orang tua Dora ini. 

Kesimpulan

Film Dora and the Lost City of Gold adalah film keluarga yang cocok ditonton oleh anak-anak dan orang tua yang khususnya sudah mengenal dan memahami bagaimana kebiasaan yang terjadi di film Dora terutama karakter-karakter yang ada pada animasinya. Walaupun ceritanya mudah ditebak bagi penonton dewasa dan CGI yang tidak halus, flm ini masih sangat menghibur bagi para anak-anak dan beberapa humornya juga bisa masuk ke penonton Dewasa. Film ini sudah bisa dinikmati di bioskop kesayangan anda.

Rating 3/5

Genre: Adventure, Family

Sutradara: James Bobin

Penulis: Matthew Robinson (screenplay)

Bintang: Isabela MonerEugenio DerbezMichael Peña 

Review Overview
  • Berhasil!
3

Summary

Film Dora and the Lost City of Gold bisa dibilang adalah film live action yang cukup berhasil. Walau punya cerita yang akan mudah ditebak penonton dewasa, film ini akan berhasil menghibur target penontonnya, yaitu para anak-anak.

Sending
User Review
( votes)

Learning to be Writter