Komik, News

Hampir Enam Puluh Tahun, Logo Justice League Akhirnya Berubah!

Perubahan logo Justice League menandai era baru untuk World’s Greatest Super Heroes Juni tahun ini. Justice League #25 yang menandai Tahun Penjahat DC pada 5 Juni 2019 akan menampilkan logo baru sekaligus memperingati perayaan ulang tahun ke-60 dari tim pahlawan super DC.

Logo baru Justice League via DC Comics

Menurut laman resmi DC, logo baru Justice League ini terinspirasi dari iterasi masa lalu. Menampilkan “clean cut dan bintang yang menjadi ciri khas dan telah muncul di banyak logo Justice League yang sudah diperkenalkan beberapa dekade lalu. Perubahan logo tersebut menggunakan perpaduan warna merah dan biru yang tampak lebih simpel dan fresh.

Justice League pertama kali muncul sebagai tim di The Brave and The Bold #28 pada tanggal 29 Desember 1950. Mike Sekowsky dan Murphy Anderson menjadi cover artists sebelum keduanya meluncurkan judul komik mereka sendiri, Justice League of America pada tahun 1960.

awal kemunculan pertama Justice League
Awal kemunculan Justice League via DC Comics

Dalam kemunculan pertamanya, tujuh pahlawan asli yang menjadi founding member tim superhero milik DC adalah Aquaman, Batman, Superman, Wonder Woman, Flash, Green Lantern, dan Martian Manhunter.

Selain edisi pertama, The Brave and The Bold #28 juga menjadi debut pertama salah satu penjahat Justice League yang terkenal, Starro the Conquer. Tetapi semua hanya masa lalu. Saat ini, ia berpaling dari dunia gelap dan menjadi anggota tim Justice League dengan panggilan Jatto.

Tepat satu tahun kemudian, setelah empat seri dikeluarkan, Justice League mendapatkan anggota baru pertamanya ketika Oliver Queen mendaftar. Kehadiran Green Arrow langsung mengubah struktur organisasi tim pahlawan DC ini. Batman dan Superman terdaftar untuk pertama kalinya sebagai “anggota yang tidak berpartisipasi”.

logo lama Justice League
Logo pertama via DC Comics

Logo pertama yang diperkenalkan DC berwarna merah, putih, dan biru diapit oleh bintang-bintang (so America!) digunakan pada edisi Justice League of America dari tahun 1960 hingga 1987. Dan sejak bertahun tahun, pahlawan super silih berganti masuk dalam tim, seperti The Atom, Black Canary, Big Barda, Hawkgirl dan Hawkman, Plastic Man hingga Shazam.

Dalam serial Justice League #25, mantan pahlawan Justice League yang menjadi penjahat Legion of Doom, Lex Luthor (yap, dia pernah menjadi pahlawan) mengajukan tawaran baru pada dunia: menolak Justice League. Ia ingin menjadikan tahun ini sebagai tahun kebangkitan penjahat; Years of the Villain dari DC. Bagaimana tim pahlawan kita melawannya? Nantikan saja dalam versi komik yang akan diterbitkan pada 5 Juni 2019 mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *