Apa Itu Animal Crossing: New Horizons? Game Baru Penuntas Bosan

Cuma beli Nintendo Switch-nya masih nabung.

rekomendasi game Animal Crossing: New Horizons

Game menjadi salah satu kegiatan untuk mengatasi rasa bosan ketika sedang #DirumahAja. Dari sekian banyak game baru, ada nama Animal Crossing yang sering diperbincangkan. Apa itu Animal Crossing: New Horizons? Mari kita bedah salah satu game terpopuler yang sedang viral saat ini.

Gameplay yang ringan

Bagi kamu yang masih belum tahu apa itu Animal Crossing: New Horizons atau belum pernah memainkannya, game ini merupakan sebuah game simulator kehidupan, layaknya The Sims. Pada setiap permainan, kamu bisa berpindah ke kota baru yang dihuni oleh binatang-binatang layaknya manusia yang menggemaskan.

apa itu Animal Crossing: New Horizons
via Nintendo

Serial game ini awalnya dilis untuk GameCube pada tahun 2001. Animal Crossing disukai karena memiliki waktu real time yang mencerminkan perjalan kehidupan nyata. Musim berubah sesuai musim di waktu sebenarnya dan ada banyak yang yang bisa dilakukan di dalam game ini.

Pada 20 Maret lalu, Nintendo meluncurkan entry terbaru dalam seri ini berjudul New Horizons yang bisa dimainkan di Nintendo Switch. Kali ini, kamu akan diajak berlayar (atau terdampar) ke sebuah pulau terpencil setelah membeli paket liburan dari seekor rakun bernama Tom Nook.

nook dalam Animal Crossing: New Horizons
via Nintendo

Game ini menawarkan banyak kegiatan. Tapi premis gameplay cukup sederhana. Di awal game, kamu akan mendapatkan tempat tinggal dan sejenis uang (dikenal dengan nama Nook Miles) dari Tom Nook untuk membeli item unik. Kamu harus mendapatkan uang untuk melunasi hutang kepada Nook.

Pemain bisa mengumpulkan kerang dan buah untuk dijual dan mendapatkan keuntungan. Dan karena game ini merupakan simulator kehidupan sosial, kamu bisa bersosialisasi dan mengirim surat atau hadiah kepada pemain lain.

Bersantai dan melepas lelah

Meskipun premis gameplay yang dihadirkan terkesan terlalu sederhana, tapi ada cara unik Nintendo mempresentasikan game Animal Crossing: New Horizons ini; permainan yang santai, gambar dan palet dengan warna-warna yang lembut, hingga musik yang menenangkan.

Sekilas, game ini memiliki kesan yang hampir sama dengan game jadul Harvest Moon. Tampilan dan gambar yang unik serta musik yang legendaris, game yang populer pada masanya ini masih banyak dimainkan ulang bagi penggemar setianya.

bermain bersama teman di New Horizons
via Nintendo

Tapi beberapa perbedaan mendasar antara kedua game ini adalah Animal Crossing memiliki waktu yang lebih nyata. Selain itu, lebih banyak hal yang bisa dilakukan pada game ini karena sifatnya yang open world. Kamu juga bisa bertemu dengan teman di dunia game ini.

Bahkan, tidak ada tekanan yang mengharuskan pemain untuk menyelesaikan misi tertentu. Kamu bisa duduk di pantai menyaksikan matahari terbenam sambil memancing dengan alunan soundtrack yang lembut. Kemewahan yang mungkin tidak bisa didapatkan pada masa-masa sekarang ini.

‘Bertemu’ dengan teman

Dibandingkan game lainnya yang hanya bsa diakses secara offline, Animal Crossing memiliki dunia dan area gameplay yang luas. Pembaruan anyar bisa membawa pemain menikmati cuaca baru, sistem kustomisasi karakter yang lebih luas, serta tampilan full HD.

full HD game Animal Crossing: New Horizons
via Nintendo

Memang tak bisa dibandingkan dengan grafis ekstra seperti game PC atau platform lainnya, efek Animal Crossing cukup menawan dan memanjakan mata. Kondisi daun-daun yang berdesir, mata pancing yang berayun-ayun, hingga animasi ketika karakter berhasil menangkap ikan langka.

Selain Non-Player Characters (NPC), New Horizons menawarkan cara baru bermain bersama teman-teman di dunia nyata. Jika kamu saling menghubungkan Nintendo Switch – hingga 4 pemain – kamu bisa berada di pulau yang sama. Pemain juga bisa bermain online melalui Nintendo Switch Online hingga tujuh pemain.

Padli Nurdin

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.