100 Tahun Anime dalam Video 15 Menit

100 tahun anime

Anime saat ini sudah menjadi gaya hidup, bukan hanya di Jepang, namun di seluruh dunia. Dan tahun ini sudah menandakan 100 tahun sejak pertama kali anime dibuat di Jepang. Untuk memperingati industri yang sudah menjadi kebudayaan ini, Asosiasi Animasi Jepang merayakan 100 tahun anime dengan retrospektif video yang memperlihatkan perjalanan anime dari awal sejarahnya hingga popularitas yang dimilikinya saat ini.

Anime terkenal seperti Astro Boy, Cyborg 009, Speed Racer, Ashita no Joe, Dragon Ball, Digimon, Naruto, One Piece, sampai anime terkenal saat ini seperti Bungou Stray Dogs dan Tiger and Bunny dikumpulkan dalam kolase anime ini.

Bahkan, restrospektif ini juga mencakup film anime seperti Akira, Sword Art Online: Ordinal Scale dan Your Name yang menandai kembalinya popularitas anime di seluruh dunia. Dilansir dari Comicbook, beberapa anime tidak bisa ditampilkan karena masalah hak cipta, salah satunya anime-anime dari Studio Ghibli.

Sejarah anime dimulai pada tahun 1917 dimana Oten Shimokawa, Jun’ichi Kouchi dan Seitaro Kitayama menjadi animator pertama di Jepang. Ketiga orang ini disebut sebagai “Bapak Anime” karena kerja keras mereka dalam mengembangkan film fitur animasi pada masa awal pembuatan anime.

Astro Boy menjadi salah satu animasi yang menandai 100 tahun anime di Jepang

Astro Boy, salah satu animasi pertama yang dikenal di seluruh dunia via Animelist

Film anime pertama yang hanya berupa bayangan bisa dilihat pada bagian pertama kolase ini. Dekobo Shingacho: Meian no Shippai (Bumpy New Feature Book: Failure of Great Plan) yang dibuat pada Februari 1917 menjadi salah satu film animasi pertama di Jepang.

Asosiasi Animasi Jepang juga akan merayakan ulang tahun monumental ini pada malam tahun baru di Jepang. Perayaan ini akan berpusat pada pembicaraan tentang bagaimana industri anime telah berubah dari tahun ke tahun menurut pandangan dari pengisi suara. Selain itu, akan diadakan poling untuk mengetahui karakter anime paling populer sepanjang masa.

Spirited Away menjadi animasi pertama yang memenangkan Oscar

Spirited Away: Anime pertama yang memenangkan Oscar via Studio Ghibli

Jepang juga telah mengadakan festival film ini di Shinjuku bulan Oktober kemarin sebagai bagian dari rencana mereka 100 tahun ke depan untuk “menyebarkan kekuatan anime ke seluruh dunia”. Festival tersebut menampilkan penayangan poyek anime baru, penampilan anime klasik, pertunjukan theme song anime dan parade karakter.

Hal ini menegaskan bagaimana anime telah menjadi budaya yang mengakar di kehidupan bangsa Jepang. Tentu saja, dengan perkembangan anime yang sekarang semakin meluas, bukan tidak mungkin 100 tahun lagi anime menjadi kebudayaan di seluruh dunia.

Share

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.

Leave a Reply