poster Moon Knight
Review, Serial TV

Review Serial Moon Knight Episode 1 (2022): Spooky, Misterius, dan Menegangkan

Moon Knight episode 1 memberikan nyawa baru bagi Marvel yang ingin membuat setiap serialnya memiliki ciri khas tersendiri. Bagaikan menonton serial horror yang menegangkan, penonton dibawa untuk menyaksikan kemunculan karakter terbaru Marvel yang misterius dan brutal.

Sinopsis Moon Knight Episode 1

Serial ini dimulai dengan memperkenalkan Steven Grant (Oscar Isaac), seorang penjual permen di sebuah museum. Ia sering dianggap aneh, tapi memiliki pengetahuan yang luas di bidang sejarah mengenai Mesir.

Steven memiliki gangguan tidur. Hingga satu waktu ia terbangun di sebuah pegunungan. Dimana ia dikejar oleh sebuah kultus karena mengambil artefak berbentuk kumbang berwarna emas. Ia lalu terbangun lagi di tempat tidurnya, tapi ternyata tiga hari setelah ia terakhir tertidur.

Oscar Isaac di serial Moon Knight
via Disney+

Steven menemukan sebuah ponsel jadul di apartemennya, dimana seorang wanita bernama Laura menelpon dan memanggilnya Marc. Meski pada akhirnya si penelpon diam dan tak bisa dihubungi.

Ketika kembali ke museum, ia dikejar oleh kultus tersebut yang dipimpin oleh Arthur Harrow (Ethan Hawke). Ia menanyakan mengenai artefak yang dicuri oleh Steven. Pada malam harinya, ia dikejar oleh sesosok monster anjing, dan akhirnya berubah menjadi Moon Knight.

Kesan horror di serial Marvel

Berbeda dibandingkan kebanyakan serial Marvel yang memberikan dua hingga tiga episode pertama di tanggal perilisannya, kali ini hanya ada episode pertama yang siap menyapa penonton di Disney+.

Meskipun begitu, Marvel menepati janjinya dengan memberikan nuansa yang berbeda dari setiap film maupun serial yang berada di Phase 4 MCU. Inilah yang membuat Moon Knight menarik untuk dinikmati.

Oscar Isaac sebagai Steven Grant
via Disney+

Pada episode pertama, penonton dibawa untuk mengenal lebih dekat siapa sebenarnya karakter utama, Steven Grant. Steven mengalami gangguan tidur, hingga merantai dirinya sendiri dan mengunci pintu ketika akan tidur.

Tapi di serial ini, dijelaskan bahwa ternyata Steven memiliki dua kepribadian; seorang penjual souvenir dan seorang pembunuh bayaran bernama Marc Spector (?). Kedua identitas tersebut saling bertabrakan dan bergantian mengambil kesadaran Steven.

Ada momen panik ketika Steven dan alter egonya saling bergantian ketika ia dikejar-kejar oleh kultus di pegunungan tersebut. Sementara penonton hanya diperlihatkan adegan pada saat Steven berada di tubuh tersebut. Meninggalkan TKP penuh penjahat yang terbujur kaku dan berdarah-darah.

Khonshu dalam Moon Knight episode 1
via Disney+

Baru pada akhir episode pertama, penonton diperlihatkan adegan dimana Marc yang sepertinya memiliki hubungan dengan Dewa Bulan Mesir, Khonshu dan berubah menjadi Moon Knight. Termasuk perkelahian brutal yang menjadi ciri khasnya yang dibuat tak terlalu vulgar, mengingat ini masih serial Disney.

Oscar Isaac langsung menawan di episode pertama. Memperlihatkan sosok Steven yang pengecut, sendirian, dan jauh dari kesan Bruce Wayne a.k.a Batman yang disebut-sebut menghadirkan vibe yang sama dengan Moon Knight.

Siapa sebenarnya Arthur Harrow?

Berbeda dibandingkan dengan serial Marvel sebelumnya, Moon Knight langsung mempertemukan sosok protagonis (atau mungkin antagonis?) dengan villain utama yang diperankan oleh Ethan Hawke.

Bahkan pada adegan pertama memperlihatkan bagaimana Arthur memecahkan gelas dan memasukkan pecahan kacanya ke dalam sepatu dan memakainya. Sebuah kemunculan yang langsung membuat tegang.

Ethan Hawke sebagai Arthur Harrow
via Disney+

Arthur memiliki screen time yang cukup banyak. Mengindikasikan karakternya akan diperkenalkan beriringan dengan Steven. Mengingat masih banyak pula detail dan informasi yang belum dibuka mengenai siapa sebenarnya sosok Arthur.

Dalam versi komiknya, Dr. Arthur Harrow merupakan seorang ilmuwan yang fasih di bidang genetika. Ia dinominasikan untuk Penghargaan Nobel tentang manajemen rasa sakit. Hingga akhirnya koleganya menemukan bahwa penelitian Dr. Arthur dilakukan dengan menyiksa tahanan Yahudi.

Tapi dalam versi serialnya, masih sedikit informasi yang diketahui mengenai Arthur. Kecuali bahwa ia memiliki kekuatan untuk membunuh orang hanya dengan menyentuhnya. Ia berniat untuk membangkitkan dewa Mesir, Ammit.

Oscar Isaac di Moon Knight episode 1
via Disney+

Dalam mitologi Mesir, Ammit (atau Ammut) merupakan Dewi Pemakan Orang Mati. Keberadaannya selalu dikaitkan dengan Anubis, Dewa Kematian. Arthur percaya kebangkitan Ammit akan membuat dunia lebih baik, karena ia bisa menghukum orang-orang jahat.

Dibuka dengan menegangkan

Mohamed Diab sebagai sutradara tahu betul bagaimana menghadirkan episode pertama yang mendebarkan dan penuh dengan kesan misterius. Mulai dari karakter Steven sekaligus membuat penonton penasaran dengan kemunculan Moon Knight, membuka dengan apik serial solo pertama Moon Knight.

Jika pada awal episode penonton diperkenalkan dengan sosok Steven, setengah episode selanjutnya mengungkapkan bagaimana Steven mulai menyadari ‘sosok’ lain yang ada pada tubuhnya. Apalagi di akhir ketika ia berbicara dengan Marc melalui kaca dan akhirnya berubah menjadi Moon Knight.

Sama seperti komiknya, Moon Knight memang dikenal sebagai sosok yang misterius. Kesan ini bisa langsung terasa pada serialnya. Dimana Marvel akhirnya masuk ke ranah mitologi Mesir dengan segala mitos tentang dewa dan dewinya.

Marc Spector Moon Knight
via Disney+

Satu hal lain yang menjadi sorotan tentunya terdapat pada tema mental health yang dialami oleh Steven. Menarik untuk dilihat bagaimana Steven akan menghadapi dual personality yang membuatnya melompat dari satu karakter ke karakter lainnya.

Episode ini masih jauh dari taburan Easter Eggs yang sering ditemukan pada film maupun serial Marvel. Kecuali sekilas kemunculan nama Duchamp pada ponsel milik Marc, merujuk pada Jean-Paul Duchamp dalam versi komik, teman sekaligus pilot Marc yang berkaitan dengan kisah orisinil Marc ketika ia berubah menjadi Moon Knight.

Untuk sebuah pembuka, Moon Knight episode 1 langsung memberikan berbagai kesan baru dibandingkan serial Marvel lainnya. Kisah Steven sebagai Moon Knight dibuat misterius, unik, dan menegangkan, bahkan membuatnya sebagai pembuka aroma horror sebelum Dr. Strange in the Multiverse of Madness (2022) meluncur Mei mendatang. 

Genre: Aksi

Sutradara: Mohamed Diab

Penulis: Jeremy Slater

Pemeran: Oscar Isaac, Ethan Hawke

Rekomendasi Serial TV
8.5/10

Summary

Untuk sebuah pembuka, Moon Knight episode 1 langsung memberikan berbagai kesan baru dibandingkan serial Marvel lainnya. Kisah Steven sebagai Moon Knight dibuat misterius, unik, dan menegangkan, bahkan membuatnya sebagai pembuka aroma horror sebelum Dr. Strange in the Multiverse of Madness (2022) meluncur Mei mendatang. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *