Categories
Daftar Sastra

Rekomendasi Novel Petualangan Klasik dalam Perjalanan Imajinasi

Akhir pekan merupakan waktu yang sangat cocok untuk melepaskan lelah dari segala rutinitas dengan cara membaca buku. Kali ini Mariviu akan memberikan rekomendasi novel petualangan yang bakal membuat pikiran menjadi lebih fresh. Rekomendasi di bawah juga bisa menjadi pengobat rindu bagi kalian yang bercita-cita menjadi penjelajah atau ingin liburan keluar negeri tapi tidak bisa pergi karena keterbatasan dana.

1. Gulliver’s Travel – Jonathan Swift

Guillever's Travel
via Publisher Weekly

Kisah petualangan yang telah dibaca oleh semua generasi di seluruh dunia. Novel ini menceritakan tentang seorang petualang yang terjebak dalam sebuah pulau yang dipenuhi oleh manusia mini. Telah diadaptasi dalam berbagai bentuk, hingga film yang dibintangi oleh jack Black, novel ini merupakan cerita satir penuh isu sosial, agama, sains, hingga politik.

2. Moby-Dick – Herman Melville

Moby-Dick
via Publisher Weekly

Herman Melville merupakan salah satu penulis yang dikenal dengan cerita-ceritanya yang mengambil lokasi di sekitar pantai dan laut. Hingga akhirnya ia menulis Moby-Dick, novel petualangan legendaris yang dinarasikan oleh pelaut Ismael yang berada di kapal Kapten Ahab dalam pencarian untuk menemukan seekor paus putih, Moby-Dick. Penuh dengan unsur filosofi dan satir kehidupan, tak heran jika novel ini disebut salah satu novel masterpiece yang dibuat oleh penulis Amerika.

3. Treasure Island – Robert Louis Stevenson

Treasure Island
via Publisher Weekly

Adakah alasan terbaik dari awal kisah petualangan selain dari pencarian harta karun? Seperti judulnya, novel klasik karya R.L. Stevenson ini akan menghadirkan kisah petualangan yang tak lekang oleh waktu; mencari harta karun dengan bajak laut berkaki satu dan burung beo yang bisa berbicara. Novel ini merupakan karya paling penting dalam sejarah bajak laut di karya sastra, salah satu rekomendasi novel petualangan terbaik untuk mengisi waktu libur.

4. The Adventures of Huckleberry Finn – Mark Twain

The Adventure of Huckleberry Finn
via Publisher Weekly

Rekomendasi novel petualangan penting dalam sejarah sastra Amerika. Menceritakan tentang kehidupan awal masyarakat Amerika zaman perbudakan, Mark Twain memberikan kisah petualangan dimana air menjadi simbol rumah dan keamanan sedangkan tanah menjadi simbol dari marabahaya bersama kisah Huck dan Jim yang mengarungi sungai Mississippi, sungai terpanjang kedua di Amerika Utara.

5. Journey to the Center of the Earth – Jules Verne

Journey to the Center of the Earth rekomendasi novel petualangan
via Comixology

Merupakan salah satu novel fiksi ilmiah di masa perkembangan ilmu pengetahuan sangat pesatnya. Jules Verne memberikan kisah apik petualangan ke dalam perut bumi dan menghadapi hewan pra-sejarah dan keindahan alam yang tidak terjamah. Meskipun genre fiksi bawah tanah (subterranean fiction) berkembang jauh sebelum Verne, tetap tak terbantahkan kalau novel ini mempengaruhi banyak novel lain sesudahnya.

6. The Road – Cormac McCarthy

The Road
via Publisher Weekly

Sebagian besar novel dari Cormac McCarthy adalah picaresque, dimana perjalananya tokohnya digambarkan melalui lanskap dan kejelasan serta orisinalitas yang luar biasa. Dengan kisah petualangan pasca-kiamat, novel ini lengkap dengan kanibalisme dan pencarian harapan untuk hidup, dengan memberikan drama dan twist tak tertebak di akhir cerita.

7. King Solomon’s Mines – H. Rider Haggard

King Solomon's Mines
via Publisher Weekly

Salah satu buku petualangan yang aneh namun menarik untuk diikuti. Dengan nuansa dongeng dan imperialisme, tiga orang Inggris mencari tambang legendaris dengan bantuan peta kuno. Menemukan kerajaan yang hilang dan perang saudara, mereka akhirnya menemukan harta tak terhingga dalam gua tersembunyi. Petualangan yang bisa jadi menjadi inspirasi untuk kisah-kisah Indiana Jones.

8. Heart of Darkness – Joseph Conrad

Heart of Darkness
via Independet

Ketika mendengar nama Joseph Conrad, menjadi teringat dengan karya-karyanya yang masterpiece. Conrad dikenal sebagai penulis Inggris terbesar, dan Heart of Darkness menjadi karyanya yang paling terkenal. Kisah petualangan berbalut horor imperialisme bisa menjadi premis terbaik bagi yang ingin merasakan nuansa petualangan khas Englishmen di Afrika.

9. Call of the Wild – Jack Landon

The Call of the Wild
via Publisher Weekly

Petualangan tidak hanya bisa dijalani oleh manusia, Kali ini, kisah petualangan dijelaskan dengan narasi konvensional dan humanis lewat seekor anjing. Call of the Wild menceritakan tentang seekor anjing bernama Buck dalam petualangannya ketika diculik dan bertahan hidup dari kondisi dan perilaku manusia tanpa rasa takut.

10. The Hobbit – J.R.R. Tolkien

The Hobbit
via School Library Journal

Meskipun telah diadaptasi dalam tiga film, tidak ada yang bisa mengalahkan kenikmatan membaca masterpiece J.R.R Tolkien sebelum The Lord of the Ring ini. The Hobbit masuk dalam rekomendasi novel petualangan paling epik yang bisa didapatkan, mulai dari fantasi, misteri, serta kisah perjalanannya yang penuh dunia baru, buku ini memumculkan imajinasi tersendiri dari pembaca dibandingkan menonton filmnya.

Nah, apakah kamu sudah pernah membaca buku yang ada di dalam daftar rekomendasi novel petualangan di atas?

BACA JUGA  12 Film Indonesia yang Diadapatasi dari Novel

By Padli Nurdin

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.

Leave a Reply