Punk is Not Dead, Film Biopik The Ramones Dalam Perjalanan

Cover album pertama The Ramones

Punk is not Dead. Genre musik yang awalnya bertujuan untuk menyuarakan kaum marjinal ini sepertinya sudah tidak terdengar lagi gaungnya. Tapi, hal itu tidak menutup pintu bagi Hollywood untuk menghadirkan kembali kesuksesan salah satu band punk legendaris sepanjang masa dengan film biopik The Ramones terbaru berjudul I Slept with Joey Ramone yang akan disutradarai oleh Nick Cassavetes.

sampul buku I Slept with Joey Ramone untuk film biopik The Ramones

via Mecrado Livre

Cerita film ini akan diambil berdasarkan sebuah memoar karya Micket Leigh yang diterbitkan pada tahun 2009 lalu. Meskipun belum ada alur cerita resmi yang diungkapkan, tapi film ini bisa saja dibuat sesuai dengan memoar tersebut: mendokumentasikan kebangkitan The Ramones sebagai jantung pergerakan punk di New York pada tahun 1970an.

Menurut produser Gene Kirkwood, pembuat film The Other Women, ia berencana untuk mengumpulkan personil band sendiri untuk film baru ini, mengambil alih peran personil asli The Ramones yang semuanya sudah tutup usia.

Dalam wawancaranya bersama Hollywood Reporter, Kirkwood menjelaskan, “Nick menggali lebih dalam dengan Mickey Leigh. Rencananya dia dan Mickey akan menemukan bakat [baru untuk pemeran utama] dan menyatukan band yang sebenarnya.”

The Ramones berpose untuk sampul album mereka

The Ramones (Joey, Johnny, Dee Dee and Tommy), via Billboard

Setelah film biopik The Queen akan menghampiri pecinta musik rock di seluruh dunia, kehadiran film ini sepertinya akan menumbuhkan kembali nuansa musik lawas terutama punk rock awal 70an dan 80an yang dipenuhi nama-nama beken seperti Bad Religion, The Misfit, hingga Social Distortion.

Gene Kirkwood memang sudah tidak asing lagi dengan flm bertemakan musik dan dunia panggung. Kirkwood terbilang sukses dengan film-film musik di masa lalu, termasuk The Defiant Ones di HBO yang melihat sisi lain dari Jimmy Lovine dan Dr. Dre, serta semi-otobiografi biopik dari 50 Cent yang berjudul Get Rich or Die Tyrin’.

Bagi kids zaman now yang hanya mendengarkan band-band indie di YouTube, The Ramones telah mempopulerkan ke-indie-an mereka bahkan sebelum era layanan musik streaming hadir. Band yang terdiri dari dari empat orang personil ini mengadopsi nama belakang Ramone,  Joey Ramone, Dee Dee RamoneJohnny Ramone, dan Tommy Ramone meskipun mereka tidak memiliki hubungan darah.

Band punk rock Amerika yang terbentuk di lingkungan New York pada 1974 ini didefinisikan sebagai band pertama yang mengangkat genre punk rock. Lagu-lagu The Ramones yang terkenal seperti I wanna be Sedated serta Blitzkreig Bop masih sering menjadi acuan pertama bagi penggemar punk rock di seluruh dunia.

Sebelumnya, The Ramones juga pernah berperan dalam biografi mereka sendiri yang berjudul End of the Century: The Story of the Ramones yang dirilis pada 20 Agustus 2014 lalu. Berjudul sama dengan album kelima mereka, film ini mengajak Michael Gramaglia sebagai produser dan sutradara.

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.

Leave a Reply